Hotel Cynthiara Alona yang Jadi Tempat Prostitusi Disegel Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 17:18 WIB
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengungkap praktik prostitusi yang terjadi di hotel milik artis Cynthiara Alona di daerah Tangerang. Saat ini polisi telah menyegel hotel tersebut.

"Ya pasti kami police line, karena di situ TKP-nya (tempat kejadian perkara)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Praktik prostitusi itu dibongkar saat menggerebek Hotel Alona di Kreo, Tangerang, pada Selasa (16/3) malam. Saat digerebek, ditemukan 15 anak di bawah umur di kamar hotel milik Cynthiara Alona ini.

Selain Cynthiara Alona sebagai pemilik, dua orang lainnya berinisial DA selaku muncikari dan AA selaku pengelola hotel ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Yusri mengatakan praktik prostitusi di hotel tersebut diakui pelaku baru terjadi tiga bulan terakhir. Dia menyebut awalnya lokasi tersebut merupakan kos-kosan.

"Jadi hotel itu tadinya tempat tinggal, kemudian diubah menjadi kos-kosan, kemudian setelah itu dijadikan hotel bintang 2. Nama hotelnya 'A' atas nama pemilik langsung," terang Yusri.

Cynthiara Alona mengaku menjadikan hotelnya sebagai tempat prostitusi atas dasar ekonomi. Dia menyebut, selama pandemi COVID-19, pengunjung di hotelnya semakin berkurang.

"Motivasinya masalah ekonomi dia lihat situasi COVID-19 hotel kosong sehingga dia memudahkan satu cara tapi hal yang salah untuk menyediakan prostitusi online di tempatnya," terang Yusri.

Para pelaku kini dijerat dengan UU Nomor 88 atau perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman 10 tahun penjara.

(ygs/mea)