Palak Pedagang di Pekanbaru, 3 Preman Diamankan Polisi

ADVERTISEMENT

Palak Pedagang di Pekanbaru, 3 Preman Diamankan Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 14:36 WIB
Polisi amakan 3 preman yang palak pedagang di Pekanbaru
Polisi mengamakan tiga preman di Pekanbaru (Foto: dok. Polsek Tampan)
Pekanbaru -

Tiga preman di Pekanbaru, Riau, ditangkap karena meminta setoran 'uang keamanan' kepada pedagang dan pelaku usaha di wilayah Tampan. Saat melancarkan aksinya, para pelaku membawa nama organisasi kemasyarakatan.

Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita mengatakan pelaku ditangkap setelah pihaknya menerima laporan pedagang di wilayah Tampan. Pedagang mengeluh dipalak dan dimintai uang setoran.

"Ini dari laporan masyarakat yang menjadi korban pemerasan dan ancaman. Korban mengaku didatangi pelaku," kata Ambarita kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Ketiga pelaku, kata Ambarita, datang untuk minta uang secara paksa disertai ancaman terhadap pedagang. Para pelaku mengatasnamakan ormas.

"Mereka mengaku ormas Ikatan Pemuda Indonesia dan ormas Pemuda Pancasila. Namun, setelah dimintakan konfirmasi ke ormasnya, pelaku bukanlah anggota ormas tersebut," kata Ambarita.

Ketiga pelaku adalah Ronaldo Manurung (24), Afrizal (34), dan Arif Dodi (20). Para pelaku memalak pedagang rata-rata Rp 3 juta.

"Pedagang yang resah membuat laporan. Dari laporan itu, tadi malam saya dengan Kanit Iptu Noki Loviko langsung mencari pelaku dan akhirnya diamankan di Jalan Cendrawasih, Pekanbaru," katanya.

Kepada polisi, ketiga pelaku mengaku telah melakukan pemerasan. Tercatat ada tiga korban yang diperas dan diancam dengan masing-masing Rp 3 jutaan dengan alasan uang keamanan.

"Alasannya untuk uang keamanan. Barang bukti sudah kita amankan," kata Ambarita.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku ditahan di Polsek Tampan. Ketiga pelaku dijerat Pasal 368 ayat (1) KUHP.

(ras/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT