Tinjau Vaksinasi Pekerja Transportasi, Menhub Ingatkan Tetap Jaga Prokes

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 10:50 WIB
Menhub tinjau vaksinasi pekerja transportasi
Foto: Menhub tinjau vaksinasi pekerja transportasi (Dias/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan vaksinasi COVID-19 terhadap pekerja transportasi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pagi ini. Ada sekitar 1.052 orang yang menjalani vaksinasi hari ini.

Pantauan detikcom, Jumat (19/3/2021), Menhub Budi Karya tiba di Stasiun Gambir pada pukul 09.28 WIB. Pria yang akrab disapa BKS ini langsung berjalan menuju lokasi vaksinasi.

BKS terlihat menyapa para tenaga kesehatan hingga peserta vaksinasi Covid-19. Tampak pula Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartantyo menemani BKS.

Sambil menghampiri satu per satu, Menhub Budi mengucapkan selamat kepada para peserta vaksinasi. "Sudah divaksin ya? Selamat," ujar Budi kepada salah satu pekerja transportasi.

Budi menyempatkan diri untuk berfoto bersama para peserta vaksinasi. Dia terus mengacungkan jempol dan mengajak peserta melakukan 'tos' dengan kepalan tangan.

BKS mengaku senang karena para pelaku transportasi mendapat kesempatan vaksinasi COVID-19. Menurutnya, vaksinasi bisa mengakhiri pandemi di Indonesia.

"Hari ini saya berbahagia sekali, karena insan transportasi, pelaku transportasi yang kesehariannya berhubungan dengan banyak orang itu dapat kesempatan vaksinasi. Oleh karenanya saya ucapkan terima kasih kepada pak Presiden, Menkes, yang berikan alokasi ini," kata BKS dalam jumpa pers di Stasiun Gambir.

"Kita mengerti bahwa di masa pandemi ini ada satu ketidakpastian dan adanya vaksin memberikan kepastian bahwa ada going concern, ada arah yang jelas dari bangsa Indonesia untuk mengakhiri pandemi ini, Insyaallah. Oleh karenanya, apa yang kita lakukan hari ini 1.000 orang, kita harap kita mendapatkan alokasi lagi karena banyak sekali yang membutuhkan," sambungnya.

Adapun pelaku transportasi yang Budi maksud mulai dari sopir ojek online, driver taksi, nahkoda kapal, pramugara kereta api, pilot, hingga pramugari. Meski demikian, BKS mengingatkan agar terus patuh prokes walau sudah divaksin.

"Satu hal yang penting bahwa setelah divaksin, tetap sama baiknya bahkan lebih baik jaga protokol kesehatan. Karena kita tidak tahu bahwa imunitas kita itu berapa. Hanya Allah yang tahu. Maka kita tetap melakukan upaya-upaya itu," tandas Menhub BKS.

Setelah itu, Budi langsung berlalu meninggalkan Stasiun Gambir pada pukul 09.45 WIB.

Simak video 'Tinjau Vaksinasi Corona di Bogor, Jokowi Harap Herd Immunity Terbentuk':

[Gambas:Video 20detik]




(imk/imk)