Round-up

Kritik Mengemuka Sebab GeNose Naik Harga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 06:01 WIB
Alat tes COVID-19, GeNose C-19 mulai diuji coba di dua stasiun kereta Indonesia. Salah satunya di Stasiun Tugu Yogyakarta.
Screening virus Corona dengan GeNose c19 (Foto: Pius Erlangga/Detikcom)
Jakarta -

GeNose C19 adalah terobosan teranyar pemerintah Indonesia untuk screening virus Corona bagi mereka yang hendak bepergian menggunakan kereta api jarak jauh. Kini, GeNose bakal naik harga dan ini menimbulkan kritik dari anggota DPR.

Tarif pemeriksaan COVID-19 melalui GeNose C19 akan mengalami kenaikan mulai Sabtu (20/3) mendatang. Tarif awal GeNose sebesar Rp 20.000 per orang bakal dikenakan menjadi Rp 30.000 per Sabtu mendatang.

"KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19," ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Kamis (18/3/2021).

Untuk meningkatkan pelayanan, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengan ticketing system KAI sehingga hasil pemeriksaan otomatis muncul pada layar boarding petugas. Saat ini, fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi.

Selain menaikkan tarif, KAI juga menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yaitu Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan. Kemudian di 3 stasiun lainnya, yaitu Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

"Enam stasiun di antaranya merupakan kerja sama antara KAI dan Farmalab, anak perusahaan Indofarma. Sedangkan 3 stasiun lainnya adalah kerja sama antara KAI dan Rajawali Nusindo," ucapnya.

Dengan penambahan ini, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun. Sebelumnya, terdapat 14 stasiun telah melayani pemeriksaan GeNose C19, yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

Joni mengatakan hasil pemeriksaan GeNose C19 di 23 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Simak kritik terkait recana kenaikan harga GeNose C19, di halaman berikut

Simak video 'MUI Terima Alat Tes Covid-19 GeNose dari Kemenristek':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2