Wagub DKI Ingatkan Tak Semua Ukuran Sepeda Nonlipat Bisa Masuk MRT

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 21:30 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Ahmad Riza Patria (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

PT MRT segera mengizinkan sepeda nonlipat masuk gerbong MRT. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengingatkan tidak semua ukuran sepeda nonlipat bisa masuk gerbong MRT.

"Terkait sepeda yang nonlipat diizinkan memang sebelumnya diizinkan untuk sepeda lipat, ada kebijakan baru dari Dirut MRT yang dimungkinkan, namun dalam ukuran tertentu. Tidak bisa semua sepeda dalam ukuran bebas bisa masuk," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021).

Ariza menyampaikan, ketetapan ini dibuat demi bisa mengakomodasi segala jenis kebutuhan penumpang MRT. Untuk ukuran sepeda dibatasi agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

"Kita harus menghormati, menghargai bahwa MRT itu bagi pejalan, bagi warga, bagi masyarakat mungkin ada teman-teman yang menggunakan pesepeda dimungkinkan, sejauh ukurannya sesuai dengan apa yang telah diizinkan," jelasnya.

Untuk diketahui, rencananya kebijakan sepeda non lipat itu akan diterapkan mulai 24 Maret 2021. Ada kriteria sepeda nonlipat yang bisa masuk ke kereta MRT. Sepeda nonlipat yang diizinkan masuk hanya sepeda reguler dengan dimensi maksimal 200 x 55 x 120 cm. Sedangkan sepeda tandem dilarang masuk.

Pada tahap awal implementasinya, hanya 3 stasiun MRT yang sudah dilengkapi dengan fasilitas jalur khusus sepeda di tangga stasiun.

"Kami ingin laporkan dulu progres persiapannya soft launching itu direncanakan di 24 Maret pada 3 stasiun, pada Stasiun Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Stasiun Bundaran HI," ungkap Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar dalam diskusi virtual, Rabu (17/3).

Untuk jam ketersediaan akses sepeda nonlipat juga terbatas. Pada hari Senin-Jumat, sepeda nonlipat diizinkan masuk kereta MRT hanya di jam sibuk pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB.

(zak/zak)