Shopee Dukung Pembangunan Pompa Air untuk Atasi Kekeringan di NTT

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 18:44 WIB
Shopee
Foto: dok. Shopee
Jakarta -

Kemarau panjang yang terjadi sejak Maret 2020 menyebabkan beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami krisis air bersih. Masyarakat harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan air bersih.

Desa Pana, Kecamatan Kolbano, TTS, NTT adalah salah satu daerah yang diterpa krisis air bersih. Untuk mendapatkan air warga harus berjalan hingga 1 km lebih dengan menuruni bukit yang curam dan licin.

Mama Eda, seorang ibu berumur 52 tahun yang tinggal di Desa Pana bercerita dirinya harus memulai harinya dari pukul 3 pagi untuk mengambil air bersih, guna memenuhi kebutuhan air minum, mencuci, mandi dan memasak untuk keluarganya.

Untuk membantu warga NTT mendapatkan air bersih, Shopee mendukung pembangunan pompa air di beberapa wilayah NTT bersama Kodam IX/Udayana yang membawahi Bali, NTT dan NTB, serta Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto.

Pompa air akan dibuat di beberapa daerah, antara lain Desa Toi Kabupaten TTS, Desa Watunggene Kabupaten Manggarai, Desa Sadi di Kabupaten Belu, Desa Pana di Kabupaten TTS, dan Desa Dafala Kabupaten Belu.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja, mengatakan pembangunan pompa air merupakan salah satu upaya untuk mengatasi krisis air bersih guna memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat setempat. Ia menguraikan Shopee berupaya membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sehari-hari terutama kebutuhan dasar seperti air bersih.

"Kami senang sekali mendapat kesempatan untuk bekerja sama dan mendukung program Panglima Kodam IX/Udayana dalam memberikan solusi dengan membangun pompa air di titik-titik desa yang sangat terdampak. Ke depannya, dengan terpenuhinya kebutuhan sumber air bersih, kami berharap warga di NTT semakin dapat mandiri dalam mencapai kebutuhan lainnya yang dapat dimulai dengan air bersih, seperti sistem irigasi dan pengairan perkebunan yang lebih baik serta pemeliharaan peternakan hewan yang lebih memadai," papar Handhika dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Proyek pembangunan pompa air diawali dengan pembuatan sumur di Desa Pana, Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS. Peresmian proyek ini dihadiri perwakilan Shopee, Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto.

Maruli mengapresiasi dukungan dari Shopee Indonesia terhadap pembangunan pompa air untuk masyarakat NTT. Ia berharap bantuan ini dapat mengatasi permasalahan warga dalam mendapatkan air bersih.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Shopee Indonesia sejak awal hingga saat ini berhasil untuk membangun pompa air di beberapa titik desa terdampak. Inisiasi ini telah disambut dengan baik oleh tim Shopee dan kami telah melakukan berbagai proses pembangunan pompa air bersama, langsung di NTT. Tentu kami berharap cerita keseharian Mama Eda dan warga lain yang terdampak segera mendapatkan solusi dan tidak lagi mengalami kesusahan dengan adanya inisiasi penyediaan pompa air bersih serta berkelanjutan dengan pertanian dan peternakan bersama Shopee," ungkap Maruli.

Mama Eda sebagai salah satu perwakilan warga bersyukur dengan adanya pembangunan pompa air ini. Sebab, krisis air bersih dirasa sangat menyulitkan. Ia harus bangun pagi dan mendaki gunung untuk mendapatkan air.

"Kami sangat bersyukur terhadap kepedulian Shopee, karena pembangunan pompa air telah membantu masyarakat khususnya di desa terdampak. Semoga pembangunan pompa cepat usai sehingga kami bisa kembali menjalankan kehidupan normal dan terbebaskan dari krisis air bersih. Terima kasih sekali lagi untuk Shopee, Panglima Kodam IX/UDAYANA dan Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto atas inisiasi baiknya, sangat berarti bagi kehidupan kami," kata Mama Eda.

(akn/ega)