Satgas COVID-19 Ikut Angkat Bicara soal Timnas RI Didepak dari All England

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:19 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas COVID-19 ikut angkat bicara soal terdepaknya timnas Indonesia dari gelanggang All England. Satgas menyayangkan hal ini, namun tetap menghormati regulasi di Inggris.

"Sehubungan dengan perhelatan ajang bulu tangkis All England 2021, pemerintah Indonesia sangat menyayangkan pembatalan partisipasi timnas Indonesia dalam ajang bulu tangkis di Inggris tersebut. Pemerintah Indonesia pada prinsipnya menghormati regulasi penanganan pandemi COVID-19 yang berlaku di Inggris," kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers virtual, Kamis (18/3/2021).

Wiku meyakini gelaran olahraga pasti menjunjung tinggi sportivitas. Dia juga menyoroti soal kesehatan atlet dan ofisial di Inggris.

"Pemerintah yakin pada esensinya, perhelatan gelar olahraga di manapun diselenggarakan akan selalu menjunjung tinggi sportivitas yang mengacu pada perilaku penghormatan, pengakuan, dan toleransi hak hak insan olahraga yang menciptakan persaingan positif tanpa niat merugikan pihak lain atau tanpa berlaku curang di dalam pertandingan atau di luar pertandingan apa pun keputusannya," ucapnya.

"Yang terpenting saat ini adalah kesehatan atlet dan para ofisial yang ikut mendampingi di Inggris agar terus terjaga sampai nanti kembali ke Tanah Air. Satgas harapkan atlet dan ofisial agar terus bersemangat," lanjut Wiku.

Sebelumnya diberitakan bahwa tim bulu tangkis RI tak bisa melanjutkan kiprahnya di All England 2021. Sebabnya, BWF bersama tuan rumah Inggris memutuskan mengisolasi semua tim bulu tangkis RI lantaran dinilai kontak langsung dengan penumpang yang positif Corona dalam penerbangan Istanbul ke Birmingham.

Tidak dijelaskan secara rinci siapa penumpang yang positif Corona tersebut. Situasi ini pun menyulut sejumlah pihak karena kasus ini membuat Indonesia rugi.

Simak Video: Ketua Komisi X DPR Minta BWF Sanksi Penyelenggara All England 2021

[Gambas:Video 20detik]

(imk/dhn)