Satgas: Perkembangan Kasus Corona di Jawa-Bali Membaik, Sejalan dengan PPKM

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:11 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Satgas Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan adanya perbaikan perkembangan pandemi virus Corona di Pulau Jawa dan Bali. Kini kontribusi kasus positif COVID-19 dan kasus meninggal tidak lagi didominasi oleh provinsi-provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

"Saya juga ingin menyampaikan perkembangan kasus di Pulau Jawa dan Bali, secara umum menunjukkan perbaikan. Melihat kontribusi kasus positif dan meninggal tidak lagi didominasi oleh provinsi dari (di) Pulau Jawa dan Bali," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Setpres, Kamis (18/3/2021).

"Tersisa Provinsi Banten di lima provinsi dengan kenaikan kasus baru tertinggi dan Jawa Tengah serta Jawa Barat di lima provinsi dengan kenaikan kematian baru yang tertinggi," imbuhnya.

Perbaikan perkembangan pandemi Corona di Pulau Jawa dan Bali ini sejalan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). PPKM diketahui telah berjalan sejak 11 Januari 2021.

"Hal ini sejalan dengan pelaksanaan PPKM dan PPKM mikro yang telah berjalan sejak 11 Januari atau selama 9 minggu sampai dengan minggu ini di Pulau Jawa dan Bali," sebut Wiku.

Wiku menjelaskan, penanganan COVID-19 yang difokuskan pada tingkat kelurahan dan desa dapat menekan angka kasus positif dan kematina. Dia meminta semua pemerintah daerah tetap menerapkan PPKM mikro secara ketat.

"Penanganan COVID-19 yang fokuskan pada tingkat terkecil ini dapat meningkatkan kualitas, sehingga kasus positif dan kematian dapat ditekan. Namun saya mohon, dengan dilaksanakannya PPKM mikro ini tidak menjadikan daerah lengah terhadap penanganan COVID-19. Saya minta kepada kepala daerah untuk melaksanakan PPKM mikro, yang namun masih berada di 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus positif dan kasus meninggal baru pada minggu ini, untuk terus memperbaiki upaya penanganannya dengan memaksimalkan peran posko dan satgas daerahnya," papar Wiku.

(zak/imk)