Universitas Swasta yang Bagus di Yogyakarta, Ini Daftarnya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 19:58 WIB
Petugas gabungan dari Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja berjaga pada malam pergantian tahun di simpang empat Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Kamis (31/12/2020). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menutup tempat wisata saat malam pergantian tahun. Penutupan itu menyasar empat kabupaten di DIY. Penutupan itu tertuang dalam surat nomor 443/03734 tentang penutupan objek wisata pada malam pergantian tahun baru. Surat tertanggal 31 Desember yang diteken Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji ini ditujukan ke Bupati Sleman, Bupati Bantul, Bupati Gunungkidul dan Bupati Kulonprogo. detikcom/Pius Erlangga
Universitas Swasta yang Bagus di Yogyakarta, Ini Daftarnya ( Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah untuk kuliah. Hal itu salah satunya karena di Yogyakarta terdapat cukup banyak universitas terbaik di Indonesia, baik universitas negeri maupun universitas swasta.

Nah, bagi detikers yang ingin berkuliah di Yogyakarta, namun tidak lolos seleksi PTN, detikers bisa mencoba masuk ke beberapa universitas swasta yang bagus di kota ini. Maka dari itu, untuk memudahkan detikers dalam menentukan pilihan, di artikel ini akan membahas secara singkat mengenai universitas-universitas tersebut. Berikut pembahasannya.

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas yang berlokasi di Sleman ini merupakan universitas swasta yang sudah berdiri sejak 8 Juli 1945. Universitas ini selain mempunyai program sarjana juga mempunyai program diploma/vokasi. Sementara program D3 universitas ini yaitu jurusan Akuntansi, Manajemen, Analisis Kimia dan Perbankan dan Keuangan. Sementara program S1 lebih banyak dari itu, misalnya Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Komunikasi, Hukum, Hubungan Internasional, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan dan beberapa lainnya.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jika UII merupakan universitas swasta bagus di Yogyakarta berada di wilayah Sleman, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini berada di wilayah Bantul. Universitas yang sering disingkat UMY ini sudah berdiri sejak 1 Maret 1981 dan sekarang sudah ada 8 fakultas. Tentunya ada banyak jurusan yang bisa detikers pilih di sini, misalnya jurusan Ilmu Hukum, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Syariah Economics, Teknik Mesin, Teknologi Informasi, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, dan masih banyak lainnya.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya tidak hanya ada di Jakarta dan Makassar saja, melainkan di Yogyakarta pun ada. Bahkan universitas ini termasuk universitas swasta terbaik di Yogyakarta. UAJY lokasinya sama dengan UII, yaitu di daerah Sleman. Universitas ini sudah berdiri sejak 27 September 1963 di bawah dari Yayasan Slamet Rijadi. Universitas ini mempunyai banyak jurusan bagus untuk detikers pilih, contohnya Biologi, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Teknik Industri dan berbagai jurusan lainnya.

4. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas swasta yang bagus selanjutnya yang ada di Yogyakarta adalah Universitas Sanata Dharma. Kampus USD sendiri terdiri dari 5 kampus dan tersebar di beberapa wilayah Yogyakarta.


USD sendiri mempunyai 7 fakultas serta 1 program pascasarjana. Beberapa fakultas di USD, antara lain Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Farmasi dan lain-lain.

5. Universitas Ahmad Dahlan
Universitas swasta yang satu berdiri sejak 18 November 1960. Awalnya universitas ini merupakan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. Sebagai universitas swasta yang masuk ke dalam salah satu yang terbaik di Yogyakarta, UAD mempunyai banyak jurusan yang bisa dipilih, misalnya Bahasa dan Sastra Arab, Matematika, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan lain-lain.

6. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas yang sering disingkat UKDW ini sudah berdiri sejak 31 Oktober 1985. Ada 7 fakultas saat ini di universitas ini. Jurusan-Jurusan yang bisa detikers jika ingin berkuliah di sini, antara lain Akuntansi, Biologi, Arsitektur, Teologi, Desain Produk, Manajemen, Informatika, Sistem Informasi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Kedokteran.

Itulah beberapa universitas swasta yang bagus di Yogyakarta yang bisa detikers pilih untuk berkuliah. Tidak bisa masuk ke universitas negeri di Yogyakarta, bukan berarti detikers harus menyerah untuk melanjutkan pendidikan. Maka dari itu, mempertimbangkan untuk masuk ke universitas swasta bagus di Yogyakarta adalah hal yang bisa dipilih. Semoga bermanfaat.

(erd/erd)