36 Bus TransJ di Terminal Pulogadung Dikanibal, Polisi: Tinggal Casing Saja

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 19:40 WIB
Polda Metro tangkap komplotan pencurian onderdil bus TransJakarta di Terminal Pulogadung.
Polda Metro menangkap komplotan pencurian onderdil bus TransJakarta di Terminal Pulogadung. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Subdit Resmob Polda Metro Jaya menangkap komplotan pencurian onderdil puluhan bus TransJakarta di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Para pelaku mempereteli onderdil bus TransJ hingga tersisa 'casing' saja.

"Kalau dilihat dari luarnya 36 unit ini tersusun rapi masih mulus, tapi dari dalamnya sudah habis dikanibal (pereteli) oleh mereka," kata Yusri dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Pihak TransJakarta melaporkan kasus tersebut ke polisi pada Sabtu (13/3). Yusri menyebut 36 bus miliknya yang terparkir di Terminal Pulogadung telah mengalami pencurian onderdil.

"Mereka mengambil spare part dari TransJakarta, bahkan sampai kursinya diambil dicopot dan dijual. Ada yang dijual dalam bentuk utuh, ada yang berupa besi-besinya saja karena apa saja yang ditemukan di bus itu dicopot, bahkan kunci-kuncinya juga," papar Yusri.

Polisi kemudian bergerak cepat mengejar pelaku. Enam pelaku berhasil ditangkap pada Sabtu (13/3) sore.

Mayoritas pelaku merupakan pengangguran hingga preman di Terminal Pulogadung. Para pelaku diketahui telah melakukan aksinya sebanyak 20 kali.

"Pengakuannya sudah 20 kali beraksi, jadi semua bus di sana sudah habis, tinggal casing-nya saja," imbuh Yusri.

Lebih lanjut Yusri memastikan 36 bus TransJakarta yang onderdilnya dicuri pelaku merupakan bus yang sudah tidak beroperasi lagi. Polisi hingga kini masih menghitung total kerugian imbas aksi para pelaku tersebut.

Para pelaku kini telah dilakukan penahanan di Polda Metro Jaya. Kedelapan pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.

(ygs/mea)