Cek HP KKB Ditangkap di Mimika, Polisi Temukan Foto Aksi Penembakan

Saiman - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 14:59 WIB
Anggota KKB Pimpinan Joni Botak, Ter Jangkup (Foto: dok. Polres Mimika)
Anggota KKB Pimpinan Joni Botak, Ter Jangkup (Dok. Polres Mimika)
Mimika -

Satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang ditangkap di Timika merupakan Ter Jangkup. Dia pernah beraksi melakukan penyerangan terhadap mobil Brimob dan bus Freeport pada 2020.

Berdasarkan data dari polisi, Rabu (17/3/2021), Ter Jangkup bergabung ke KKB pimpinan Joni Botak sejak 2018. Dia direkrut oleh Niko Omaleng untuk bergabung dengan Joni Botak kala itu.

"Iya bergabung ke KKB sejak 2018," tutur Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kepada wartawan.

Ter Jangkup pun ikut beraksi dalam beberapa aksi penyerangan. Salah satunya penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT Freeport pada 8 Maret 2020.

Ter Jangkup sudah masuk DPO Polres Mimika sejak Maret 2020. Ter Jangkup ditangkap saat akan menyuplai bahan makanan ke KKB.

Dia berada dalam mobil bersama 3 orang lainnya yang sebelumnya ikut diamankan. Dari tangan Ter Jangkup, polisi menyita sebuah ponsel.

"Pengecekan isi HP Ter Jangkup alias Ter diperoleh foto-foto saat akan melakukan aksi penembakan," kata Era.

Penangkapan Ter Jangkup bermula dari informasi adanya pergerakan kelompok orang yang diduga akan menyuplai bahan makanan untuk KKB. Tim pun kemudian melakukan penyelidikan dan membuntuti mobil yang telah dicurigai.

"Empat orang itu diamankan di dalam mobil rental Avanza putih dengan nomor polisi PA-169-MM. Diamankan pada Sabtu, 13 Maret 2021," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dalam jumpa pers di Mapolres Mimika, Papua, Rabu (17/3).

Saat diperiksa, ternyata satu dari empat orang di dalam mobil adalah Ter Jangkup. Dia merupakan pelaku penembakan mobil Brimob dan bus Freeport tahun lalu.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan polisi, ketiga orang yang saat itu bersama Ter Jangkup kemudian dibebaskan karena tidak terlibat langsung dengan KKB. Selain itu, ketiganya tidak memenuhi unsur pidana.

Simak video '18 Kasus Teror Dilakukan KKSB Sepanjang Februari 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idh)