Jokowi Akan Resmikan Bandara di Tana Toraja dan Alor NTT Besok

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 14:59 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Tana Toraja, Sulsel (Noval/detikcom).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Tana Toraja, Sulsel. (Noval/detikcom)
Toraja -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bandara Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada Kamis besok. Selain itu, Jokowi akan meresmikan Bandara Pantar di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Secara khusus, saya melakukan kunjungan ke Bandara Tana Toraja, karena besok (18/3) Presiden Jokowi akan meresmikan bandara ini. Dan selain Bandara Toraja, Pak Presiden juga meresmikan Bandara Pantar di Alor, NTT," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan peresmian Bandara Tana Toraja di Buntu Kuni, Mengkendek, Tana Toraja, Rabu (17/3/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Tana Toraja, Sulsel (Noval/detikcom).Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Tana Toraja, Sulsel (Noval/detikcom)

Budi Karya mengungkapkan Bandara Tana Toraja dibangun di atas kawasan pegunungan dengan landasan sepanjang 2.000 meter.

"Bandara ini memang kita bangun dengan tidak mudah, ada 3 gunung dipangkas, dan ada 2 sungai yang (diatur alirannya) sehingga bandara ini berdiri di atas gunung dan panjangnya 2.000 meter," kata Budi.

Meski belum diresmikan Presiden Jokowi, Bandara Tana Toraja sudah mulai beroperasi dengan adanya penerbangan pesawat jenis ATR 72 dari sejumlah maskapai. Penerbangan setiap hari itu dilakukan dengan bantuan subsidi dari Pemda Toraja dan Pemprov Sulsel.

"Pesan yang akan saya sampaikan bahwa konektivitas di Indonesia ini begitu penting, bayangkan, Toraja biasanya ditempuh 8 sampai 9 jam dari Makassar (dengan perjalanan darat) dan dengan jalan penuh berliku," tuturnya.

Dengan beroperasinya Bandara Tana Toraja, perjalanan dari Makassar ke Tana Toraja kini dapat ditempuh jalur udara dengan waktu sekitar 40 menit.

(nvl/idh)