Skors Sidang, Hakim Minta Waktu Sebelum Putuskan Praperadilan Habib Rizieq

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 13:05 WIB
Sidang praperadilan Habib Rizieq
Sidang praperadilan yang diajukan Habib Rizieq (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) membuka sidang putusan gugatan praperadilan Habib Rizieq Shihab terkait penahanan dan penangkapan kasus kerumunan Petamburan. Namun hakim memutuskan menskors persidangan.

Persidangan digelar di ruang utama PN Jaksel, Rabu (17/3/2021). Sidang dibuka dengan hakim tunggal Suharno, dari pihak Polri dihadiri oleh Kabid Hukum Polda Metro Jaya Kombes Hengki, sedangkan dari pihak Habib Rizieq dihadiri pengacara Alamsyah.

Pada saat sidang dibuka, pihak Polri menyebutkan sidang dakwaan Habib Rizieq dalam kasus kerumunan Petamburan telah dibuka di Pengadilan Negeri Jakarta Timur kemarin. Dia juga tampak menyerahkan surat kepada hakim.

"Perkara pokok sudah dibuka untuk umum jam 09.20 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Yang Mulia," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, kuasa hukum Habib Rizieq menyatakan keberatan. Dia mengatakan sidang perkaranya belum dimulai.

"Perkaranya sama sekali belum dimulai," kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan sidang pembacaan dakwaan Habib Rizieq di PN Jakarta Timur ditunda, sehingga dia menilai sidang perdana tersebut belum dimulai.

"Sidang ditunda pembacaan dakwaan ditunda hari Jumat, dengan demikian sidang pertama Habib Rizieq Shihab belum dimulai karena ketika dibuka sidang ada gangguan, bukan diskors dua kali sidang jalan," tuturnya.

Menanggapi hal ini, hakim Suharno memutuskan menskors sidang selama satu jam. Hal ini disebut untuk memberikan waktu pada hakim dalam mengambil pertimbangan.

Simak video 'Jaksa Sebut Rizieq Lari dari Sidang Virtual, Pengacara: Ngarang Itu!':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dhn)