Menkumham Rapat Bareng Komisi III DPR, Konflik Demokrat Ikut Disinggung

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 11:39 WIB
Rapat Komisi III DPR dan Menkum HAM Yasonna Laoly pada Rabu (17/3/2021)
Rapat Komisi III DPR dan Menkumham Yasonna Laoly pada Rabu (17/3/2021). (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Rapat membahas evaluasi kinerja Kemenkumham tahun 2020 serta rencana program prioritas 2021.

Rapat digelar di ruang rapat Komisi III DPR RI, gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Rabu (17/3/2021). Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khaerul Saleh sejak pukul 10.04 WIB.

"Pada kesempatan ini, Komisi III DPR RI perlu mendapatkan penjelasan Kementerian Hukum dan HAM terkait target kinerja selama tahun 2020 serta apa program prioritas yang telah berhasil dilaksanakan dan apa yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini," ujar Pangeran.

Dalam kesempatan yang sama, Menkumham Yasonna Laoly memaparkan sejumlah kinerja kementeriannya. Kemudian, ia juga menyinggung soal isu terkini yang menjadi sorotan publik, seperti kasus Partai Demokrat dan status kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua Orient P Riwu Kore.

"Juga barangkali ada masalah ini di Partai Demokrat. Partai Demokrat, ini partai ini yang lebih dulu apa. Yang mana dulu, terserah aja," kata Yasonna.

"Saya ingin sampaikan, saya barangkali yang soal Demokrat nanti biar dipertanyakan aja," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Santoso juga menyinggung soal kudeta partainya. Ia yakin Menkumham Yasonna akan objektif dalam menangani kasus di Demokrat saat ini.

"Yang pertama, saya ingin sampaikan kita belum tanya dulu soal KLB Deli Serdang karena kita yakin pak menteri akan objektif menilai atas apa yang terjadi di Demokrat saat ini," ujar Santoso.

(hel/imk)