Apa yang Dimaksud Sifat Tabzir? Ini Pengertian, Contoh dan Cara Menghindarinya

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 19:31 WIB
ilustrasi boros
Foto: shutterstock/Apa yang Dimaksud Sifat Tabzir? Ini Pengertian, Contoh dan Cara Menghindarinya
Jakarta -

Dalam Islam, dikenal salah satu sifat bernama sifat tabzir. Namun, masih banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud sifat tabzir itu. Apa maksudnya?

Pengertian Tabzir dan Contohnya:

  • Pengertian Tabzir

Dikutip dari buku 'Dari Mana Masuknya Setan' karya Abdul Hamid Al Bilali, sifat tabzir adalah salah satu sifat-sifat setan dan golongannya, yakni sesuatu yang dinafkahkan di luar kebenaran (harta, waktu dan ucapan) sehingga masuk dalam perbuatan boros.

Hal ini sesuai dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW, kata sahabat itu, berkata kepada saya 'Engkau salah seorang dari mereka'. Sahabat yang mulia itu ialah Abdullah bin Mas'ud, yang telah mendefinisikan perbuatan boros (tabzir) secara komprehensif dan jeli dengan mengatakan bahwa perbuatan boros (tabzir) ialah 'sesuatu yang dinafkahkan di luar kebenaran'.

  • Contoh Tabzir

Salah satu contoh sifat tabzir adalah menafkahkan segala sesuatu tanpa merasa jenuh, tetapi pada hal-hal yang batil. Dalam Quran surat Al Isra ayat 27, Allah SWT berfirman

Arab: اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْٓا اِخْوَانَ الشَّيٰطِيْنِ ۗوَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا

Latin: innal-mubażżirīna kānū ikhwānasy-syayāṭīn, wa kānasy-syaiṭānu lirabbihī kafụrā

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.

Adapun, sifat tabzir dibagi menjadi tiga bagian, yakni

1. Boros dalam harta

Dalam surat Al Isra ayat 26, Allah SWT berfirman,

Arab: وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا

Latin: wa āti żal-qurbā ḥaqqahụ wal-miskīna wabnas-sabīli wa lā tubażżir tabżīrā

Artinya: Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

2. Mubazir dalam Kesehatan

Berdasarkan hadits riwayat Imam Al Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ada dua nikmat yang kebanyakan orang tertipu olehnya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang."

3. Mubazir dalam Waktu

Sesuai dengan hadits riwayat Bukhari, waktu luang juga menjadi hal yang sering disia-siakan oleh banyak orang. Imam Ibnul-Jauzi mengatakan, "Bisa saja seseorang berbadan sehat tapi dia tidak mempunyai kesempatan untuk beramal. Bisa saja dia cukup kaya tapi fisiknya tidak sehat. Jika kedua hal ini bertemu, lalu ia dikalahkan oleh kemalasan dan meninggalkan ketaatan, maka berarti dia telah tertipu atau berbuat aniaya terhadap dirinya sendiri."

  • Cara Menghindari Perilaku Tabzir

Agar bisa menghindari sifat tabzir adalah, umat Islam harus bisa menentukan nilai-nilai negatif yang terdapat pada perbuatan tabzir. Allah SWT dalam Quran surat Al A'raf ayat 31 berfirman,


Arab: يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

Latin: yā banī ādama khużụ zīnatakum 'inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabụ wa lā tusrifụ, innahụ lā yuḥibbul-musrifīn

Artinya: Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Sahabat Hikmah, sudah paham maksud dari sifat tabzir adalah kan?

(pay/erd)