Pemerintah Mau Lanjutkan Proyek Hambalang, Komisi X: Harus Zero Korupsi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 15:31 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mempertimbangkan untuk melanjutkan megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Jawa Barat. Komisi X DPR mengingatkan agar pembangunan Hambalang jangan sampai hanya menjadi nafsu membangun semata.

"Pembangunan Hambalang harus ditempatkan dalam skema komprehensif dalam membangun dunia keolahragaan. Jadi jangan hanya sekadar nafsu membangun. Jangan hanya nafsu membangun dan lalu di dalamnya kosong output-nya. Input dan output-nya nggak anu itu, nggak imbang," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Menurut Huda, sejak awal, Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Hambalang dicanangkan untuk melatih para atlet level intermediate. Karena itu, ia menekankan agar pembangunan pusat olahraga di Hambalang harus memerhatikan situasi dan konteks keolahragaan.

"Hambalang harus ditempatkan pada konteks itu, bukan hanya soal nafsu membangun, bukan hanya nafsu simbol kebutuhan, tapi sekaligus harus dibaca dalam landscape yang lebih besar bahwa ini adalah bagian dari piramida olahraga di mana piramida di lapis bawah itu butuh seleksi SKO-SKO, sekolah khusus olahragawan, itu atlet yang lolos dari SKO dan butuh pembinaan lanjutan, intermediate," jelasnya.

Selain itu, Huda menyoroti proses pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Hambalang yang sempat terkena kasus korupsi di masa lalu. Ia berharap pembangunan ini nantinya dapat terlepas dari segala kepentingan tertentu.

"Saya kira kasus Hambalang ini harus jadi pelajaran penting dan tidak boleh terulang kembali. Hambalang harus zero dari semua kepentingan, zero dari korupsi, karena kita ingin membuat monumen dan legasi di bidang olahraga terkait dengan simbol Hambalang sebagai representasi tempat pendidikan dan pelatihan," ujarnya.

Kabar pemerintah ingin membangun kembali Hambalang memang sudah lama terendus. Jokowi berjanji akan melanjutkan proyek peninggalan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sejak 2016, namun hingga kini belum juga terealisasi.

Teranyar, Presiden Jokowi sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Jawa Barat, yang sudah bertahun-tahun mangkrak atau terbengkalai.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Hambalang akan disulap menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Zainudin, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3).

Hambalang bukan satu-satunya proyek yang akan dikebut pemerintah. Masih ada proyek lainnya yang juga akan dibuat untuk para atlet nasional.

"Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar," ucapnya.

Lihat juga video 'GMBI Minta Adhi Karya Kembalikan Uang DP Proyek Hambalang':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/gbr)