Jokowi: Jika COVID-19 di Bali Hilang, Sektor Pariwisata Akan Dibuka Bertahap

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 12:11 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Gianyar -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap vaksinasi COVID-19 di Bali akan menunjukkan hasil positif. Dia memastikan, nantinya jika COVID-19 di Bali sudah hilang, sektor pariwisata di Bali akan dibuka secara bertahap.

"Apabila nanti sudah kelihatan penyebaran COVID-nya landai, menurun, kemudian hilang. Dengan tahapan-tahapan yang nanti didesain baik dari provinsi, kabupaten, kota maupun dari pusat kita akan memulai satu persatu pembukaan ekonomi, khususnya sektor pariwisata di provinsi Bali, agar kembali pada posisi normal," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Gianyar, yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (16/3/2021).

Jokowi berharap dengan pembukaan tersebut, sektor pariwisata di Bali akan menjadi normal. Kendati demikian, Jokowi mengatakan, saat ini masih perlu dilakukan sejumlah tahapan-tahapan untuk Bali menjadi normal.

"Tapi saat ini kita harus berbicara apa adanya, masih memerlukan tahapan-tahapan menuju ke sebuah situasi yang normal dan kita harapkan semuanya tetap masih pada posisi waspada," tutur dia.

Sebelumnya, Jokowi meninjau proses vaksinasi COVID-19 secara massal. Vaksinasi massal tersebut diperuntukkan bagi para pelaku industri pariwisata, pimpinan umat beragama, perwakilan budayawan, perwakilan pemuda, hingga masyarakat setempat. Lokasi pertama yang dikunjungi Jokowi yakni Kabupaten Gianyar.

Jokowi berharap dengan vaksinasi ini, kekebalan komunal akan terbentuk. Sehingga, laju penyebaran COVID-19 di Bali bisa dihambat.

"Kita patut bersyukur bahwa proses vaksinasi sudah dimulai secara bersamaan di provinsi Bali, seluruh kabupaten dan kota dan kita harapkan banyaknya masyarakat yang telah divaksinasi nanti akan jadi herd immunity dalam komunal. Yang kita harapkan setelah terbentuk kekebalan komunal, laju penyebaran COVID bisa kita hambat, bisa kita kurangi dan bahkan bisa kita hilangkan," tutur Jokowi dalam jumpa pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (16/3/2021).

Simak video 'Sandiaga Uno Kunjungi Lokasi Vaksinasi Pekerja Pariwisata di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idh)