ADVERTISEMENT

Massa Demo di Kantor DPP Demokrat Menteng Bubar, Lalin Lancar

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 21:22 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi meminta massa di depan kantor DPP Demokrat membubarkan diri.
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi meminta massa di depan kantor DPP Demokrat membubarkan diri. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Polisi membubarkan massa pendemo yang menggeruduk kantor DPP Partai Demokrat (PD) di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Polisi menyebut aksi massa melanggar ketentuan perundang-undangan karena dilaksanakan pada malam hari.

"Intinya sesuai dengan UU 1998 terkait penyampaian di muka umum, mereka melanggar (karena aksi) dilaksanakan di malam hari. Apalagi saat ini COVID-19, kalau ada permasalahan diselesaikan dengan prosedur yang berlaku, sekarang kita buatkan. Setelah mendapatkan penjelasan, mereka membubarkan diri," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi saat ditemui di lokasi, Senin (15/3/2021).

Polisi yang datang ke lokasi langsung melakukan mediasi dengan massa pendemo tersebut. Hengki menyatakan tidak ada yang diamankan dalam aksi tersebut.

"Nggak dibawa ke mana-mana. Mereka membubarkan masing-masing," ujar Hengki.

Hengki membenarkan bahwa massa adalah kelompok mahasiswa. Terlihat saat mediasi, salah satu mahasiswa itu menunjukkan kartu tanda mahasiswa.

"Informasi seperti itu. Kita cek memang mahasiswa," katanya.

Hengki meminta massa bubar, mengingat situasi masih pandemi COVID-19.

"Tadi kan dilihat sendiri membubarkan diri yang jelas, ini malam hari apalagi masa pandemi. Menempatkan orang lain pada situasi yang berbahaya Itu merupakan pelanggaran hukum, ingat itu, sekarang merupakan pandemi," imbuhnya.

Untuk antisipasi selanjutnya, pihak polisi akan terus mengikuti perkembangan selanjutnya. Hengki menegaskan, pihaknya tidak akan membiarkan kerumunan di masa pandemi ini.

"Tadi sudah mendapatkan penjelasan dari dalam Kita akan ikuti perkembangannya. Intinya di situasi pandemi ini, situasi yang sangat khusus menempatkan orang lain pada situasi yang berbahaya. Artinya berkerumun Itu merupakan pelanggaran. Jelas tidak berizin," ujarnya.

Hingga pukul 21.10 WIB, polisi masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi adanya demo susulan. Kondisi lalu lintas di Jalan Proklamasi pun sudah lancar.

Diketahui, massa berdemo meminta PD tidak melibatkan mahasiswa dalam masalah partai. Mereka datang menggeruduk gerbang DPP PD secara tiba-tiba.

Pantauan detikcom, massa tiba di kantor DPP PD, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pukul 18.30 WIB, Senin (15/3). Suasana sempat tegang karena massa memaksa masuk ke arah kantor DPP.

Petugas keamanan DPP PD kemudian menghadang mereka. Alhasil, massa menyampaikan orasinya dari depan pagar kantor DPP PD.

"Jangan mengklaim mahasiswa dalam masalah partai kalian," kata salah seorang orator, di depan gerbang DPP PD.

Lihat Video: DPP Demokrat di Menteng Digeruduk Massa

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT