Kebakaran Lalap 3 Bangunan di Ambon, Sempat Terdengar Bunyi Ledakan

Muslimin Abbas - detikNews
Minggu, 14 Mar 2021 17:52 WIB
Kebakaran Lalap 3 Bangunan di Ambon, Sempat Terdengar Ledakan (Foto: Muslimin Abbas/detikcom)
Kebakaran Lalap 3 Bangunan di Ambon, Sempat Terdengar Ledakan (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Kebakaran yang melanda 3 bangunan semipermanen terjadi di Jalan Sultan Babullah, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. Sempat terdengar bunyi ledakan yang diduga berasal dari tabung gas milik rumah makan Padang yang ikut terbakar.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon Edwin Pattikawa mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 16.35 WIT. Ada 9 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan.

"Kurang-lebih 16.35 WIT pemanggilan kami langsung memberangkatkan 7 mobil pemadam dan 2 mobil tangki yang melakukan proses pemadaman di Jalan Sultan Babullah ini, yang terbakar saat ini yang kita lihat ada 3 bangunan," kata Edwin Pattikawa di lokasi, Minggu (14/3/2021).

Edwin menjelaskan kobaran api yang menjalar ke dua bangunan begitu cepat lantaran bangunan tersebut semipermanen, yang kebanyakan kayu yang sudah lama.

"Karena bangunan semipermanen jadi proses kebakaran cukup cepat karena ini rumah kancing konstruksi kayu jadi proses pemadaman cukup sedikit memakan waktu karena ini semua kayu, ini bangunan cukup lama," tuturnya.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan 3 bangunan itu. Edwin juga belum bisa memastikan penyebab bunyi ledakan lantaran pada saat kebakaran kemungkinan benda apa saja yang bisa terjadi.

"Ini dari rumah makan dari situ belakangnya sampai saat ini belum mengetahui penyebabnya. Katanya sih begitu bisa saja saat terbakar ada hal yang bisa meledak tapi pemicu kebakaran kita belum tahu jadi saya belum memastikan itu apa," kata Edwin.

Polisi sempat menutup Jalan Sultan Babullah untuk memperlancar petugas kebakaran melakukan pemadaman. Jalan baru dibuka setelah kebakaran sudah mulai padam dan dalam proses pendinginan.

Lihat juga Video: Pasar Kota Banjarnegara Dilalap si Jago Merah

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)