Intip Proses Penataan Stasiun Gondangdia Jadi Kawasan Terpadu

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 14 Mar 2021 12:57 WIB
Proses penataan Stasiun Gondangdia menjadi stasiun terpadu (Foto: Wilda/detikcom)
Proses penataan Stasiun Gondangdia menjadi stasiun terpadu. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan penataan Stasiun Gondangdia. Stasiun Gondangdia menjadi salah satu lokasi yang akan disulap menjadi stasiun terpadu.

Pantauan detikcom, di Stasiun Gondangdia, Minggu (14/3/2021), proses penataan telah dimulai di kawasan Jalan Srikaya II. Tampak sudah ada pagar proyek yang menutupi trotoar di kawasan tersebut.

Tampak pula guiding block untuk penyandang tunanetra yang sudah terpasang. Beton-beton tampak berserakan dan berjajar di luar pagar proyek.

Akses untuk pejalan kaki nampak ditutup sementara karena pengerjaan ini. Kendati demikian, akses jalan untuk pengendara bermotor masih tetap dibuka. Pagi ini belum terlihat ada petugas yang sedang melakukan pengerjaan.

Proses penataan Stasiun Gondangdia menjadi stasiun terpadu (Foto: Wilda/detikcom)Proses penataan Stasiun Gondangdia menjadi stasiun terpadu. (Wilda/detikcom)

Menurut bocoran dari Pemprov DKI, kawasan Jalan Srikaya II akan 'dipedestrianisasi'. Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan tersebut juga akan ditata.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan menata 5 stasiun KRL menjadi kawasan stasiun terpadu. Lima stasiun tersebut adalah Gondangdia, Manggarai, Tebet, Palmerah, dan Jakarta Kota.

Informasi itu disampaikan oleh akun Instagram @dkijakarta seperti dilihat pada Minggu (14/3/2021). Pemprov DKI sebelumnya telah mengubah 4 stasiun KRL menjadi kawasan stasiun terpadu, dari stasiun Sudirman hingga stasiun Senen.

"Buatmu yang sering naik KRL atau rombongan kereta (roker) pastinya udah nggak asing lagi kan, dengan kawasan stasiun Sudirman, stasiun Tanah Abang, stasiun Juanda, dan stasiun Senen, yang dulunya kumuh nan ruwet, kini jadi fasilitas publik yang begitu nyaman," tulisnya.

Simak Video: Pemprov DKI Anggarkan Rp 100 Miliar untuk Tata Trotoar

[Gambas:Video 20detik]



(whn/mae)