Jokowi: Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara Harus Ikuti Kaidah Saintifik

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 14:24 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengembangan vaksin Merah Putih dan vaksin Nusantara terus didukung. Namun dia meminta vaksin buatan anak bangsa itu harus mengikuti kaidah keilmuan.

"Saat ini vaksin yang tengah dikembangkan di Tanah Air adalah vaksin Merah Putih dan vaksin Nusantara yang terus harus kita dukung. Tapi untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik," kata Jokowi melalui video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (12/3/2021).

Jokowi meminta uji klinis terhadap vaksin dilakukan sesuai prosedur. Selain itu, uji klinis vaksin harus dilakukan secara transparan dan melibatkan banyak ahli.

"Kaidah-kaidah keilmuan dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, terbuka, transparan, serta melibatkan banyak ahli," ujarnya.

Menurut Jokowi, hal itu penting dilakukan untuk membuktikan proses pembuatan vaksin di Indonesia mengedepankan unsur kehati-hatian. Sehingga, nantinya, baik vaksin Merah Putih maupun Nusantara aman dan efektif digunakan.

"Persyaratan dan tahapan ini penting dilakukan untuk membuktikan bahwa proses pembuatan vaksin sangat mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sehingga vaksin yang dihasilkan aman dan efektif penggunaannya," tuturnya.

Jokowi memastikan, jika tahapan prosedur sudah dilakukan, proses produksi vaksin akan dipercepat. Hal itu, kata dia, guna memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri.

"Jika semua tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin," kata Jokowi.

Simak video 'Jokowi Minta Uji Klinis Pengembangan Vaksin COVID-19 RI Transparan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)