Rahasia Kentang Chitato hingga Lays Ada di Ngantang, Penasaran?

Mustiana Lestari - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 10:12 WIB
petani kentang
Foto: Rengga Sancaya
Ngantang -

Siapa yang tak kenal Chitato dan Lays. Cemilan favorit yang disukai semua usia. Tapi tahukah kamu, dari mana asal kentang snack produksi Indofood tersebut? Ngantang adalah kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang ditunjuk menjadi pemasok kentang sebagai bahan baku snack ini.

Kentang berkualitas tersebut ditanam di 200 hingga 300 hektare lahan dengan melibatkan kurang lebih 700 petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gemah Ripah.

"Kita punya tim koordinator 5 orang ada pembagian benih, jadwal panen, persiapan panen di samping itu ada satu koordinator ada tim angkut ada 12 orang khusus pengangkut kentang ada tim timbang setiap panen yang memastikan kualitas. Ada tim bongkar muat," kata Ketua Gapoktan Gemah Ripah Supriyo kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Supriyo menceritakan sudah 5 tahun para petani bekerja sama dengan Indofood menyediakan kentang berkualitas. Dimulai dari pemberian bibit dan percobaan tanam kentang dahulu lalu akhirnya disetujui kualitasnya hingga terus memasok kentang sampai saat ini. Lalu apa bedanya dengan kentang pada umumnya?

"Variertas kentang yang ditanam harus sama yaitu bliss atau nadia bunganya putih. Kalau yg bunganya ungu atlantic. Beda kentangnya dari kadar gula kemudian dari kadar pati lebih tinggi. Bedanya dengan kentang untuk sayur itu kentang sini agak keras, gula rendah, sehingga goreng cepat kering dan bentuknya agak bulat kentang ini," sebutnya.

Dia juga bersyukur, kondisi tanah di Ngantang ini berpihak pada petani kentang sehingga petani dapat mudah panen setiap bulan ke-7 hingga 9 tiap tahun. Di sisi lain, pada saat itu petani di tempat lain tak bisa panen karena cuaca kemarau.

"Sini sebaliknya kemarau malah bagus karena tanah sawah. Salah satunya karena faktor tanah, dan irigasi. Sementara mitranya Indofood lain kebanyakan di atas gunung dan menunggu hujan," lanjutnya.

Selain bermitra dengan Indofood, Gapoktan ini juga bermitra dengan Bank BRI yang dirangkul untuk mengubah pola keuangan para petani menjadi cashless. Terhitung sudah 3 tahun terakhir, Bank BRI menjadi bank yang menampung rupiah hasil panen mereka.

Cerita petani kentang ini menjadi satu dari kumpulan kisah dalam program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia. Program Jelajah UMKM mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Ikuti terus jelajah UMKM bersama BRI hanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.

Simak video 'Lays hingga Cheetos akan Setop Produksi di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Bunga Krisan Sidomulyo Yang Tetap Mekar di Era Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)