Top 5 News

Juventus Keok di Champions hingga Video Penaruh Bom di Capitol

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 19:33 WIB
Top 5 News Maret 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Juventus tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Meski menang 3-2 di leg kedua, lawannya Porto berhak melaju ke perempat final setelah menang agresivitas gol tandang.

Sementara itu, FBI merilis video CCTV yang merekam aksi seseorang yang diduga memasang bom pipa di markas besar Komite Nasional Republik (RNC) dan Komite Nasional Demokrat (DNC), sebelum kerusuhan terjadi di Gedung Capitol, 5 Januari lalu.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (10/3/2021).

1. Juventus Tersingkir dari Liga Champions

Juventus disingkirkan Porto pada ajang Liga Champions. Bek Bianconeri, Matthijs de Ligt, mengakui hasil ini sulit untuk diterima. Ini jadi kedua kalinya secara beruntun Juventus kandas di babak 16 besar. Pada musim lalu, De Ligt merasakannya juga ketika Juventus didepak Lyon.

Juventus tentu sangat patah hati dengan hasil ini karena kembali gagal memenangi trofi yang sudah lama diidamkan. Si Nyonya Tua terakhir kali juara Liga Champions pada musim 1995/1996.

Artikel Selengkapnya: Juventus Didepak Porto

2. FBI Rilis Video Penaruh Bom di Capitol

FBI merilis video CCTV yang merekam aksi seseorang yang diduga memasang bom pipa di markas besar Komite Nasional Republik (RNC) dan Komite Nasional Demokrat (DNC), sebelum kerusuhan terjadi di Gedung Capitol, 5 Januari lalu. FBI sengaja merilis video tersebut agar masyarakat dapat membantu upaya pencarian pelaku.

Terduga pelaku terekam menggunakan kaos abu-abu, dan menutup wajahnya dengan masker dan kacamata. Hampir seluruh pergerakannya terekam CCTV yang ada di sekitar gedung RNC dan DNC. Dari penelusuran FBI, bom pipa diletakkan antara pukul 19.30 dan 20.30 waktu setempat. Namun, bom tersebut tidak sempat meledak karena lebih dulu dijinakkan aparat.

Artikel Selengkapnya: Aksi Penaruh Bom Jelang Rusuh

3. Nadiem Kaget soal Polemik Frasa Agama

Frasa 'agama' yang tidak ada dalam draf visi Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 menjadi sorotan masyarakat. Mendikbud Nadiem Makarim pun kaget perihal polemik ini.

Nadiem pun mengatakan akan kembali memasukkan frasa agama ke visi Peta Jalan Pendidikan. Sebab, menurutnya, banyak pihak menilai polemik frasa agama menjadi hal yang penting

Artikel Selengkapnya: Polemik Frasa Agama

4. Brigjen Prasetijo Divonis 3,5 Tahun Penjara

Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijo Utomo, divonis 3,5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan terkait penghapusan red notice Djoko Tjandra. Polri segera memproses pemecatan Prasetijo.

Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, mengatakan proses pemecatan anggota atau pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) bisa dilakukan berdasarkan sejumlah hal. Dia mengatakan aturan itu tertera dalam PP nomor 1 tahun 2003.

Artikel Selengkapnya: Vonis Brigjen Prasetijo

5. Luhut Ungkap Sisi Positif COVID-19

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada berkah di balik pandemi virus Corona. Menurutnya, pandemi membuat reformasi terjadi di berbagai bidang, salah satunya dalam riset teknologi.

Dia mengatakan berbagai riset berhasil dilakukan untuk membentuk barang-barang berteknologi tinggi selama pandemi. Alat screening COVID-19, GeNose misalnya.

Artikel Selengkapnya: Berkah Pandemi bagi RI

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)