Taspen Buka Mal Pelayanan Publik Baru di Bekasi

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 16:18 WIB
Taspen
Foto: dok. Taspen
Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau PT Taspen mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Taspen terbaru. MPP Ini berlokasi di BTC Mall lantai Ground Floor, Jalan HM. Joyo Martono, Margahayu, Bekasi Timur.

Direktur Operasional TASPEN Mohamad Jufri mengatakan MPP TASPEN di Bekasi merupakan komitmen Perseroan untuk memberikan layanan terbaik yang memudahkan para peserta dalam memperoleh pelayanan Taspen, mencakup Program THT, Pensiun, Jaminan Kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Pada acara peresmian ini, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo juga secara simbolis menyerahkan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris dari Almh. Sarnani yang merupakan mantan pegawai di instansi Dinas Pendidikan Kota Bekasi yaitu Saan Sobari Amrih. Adapun manfaat yang diberikan sebesar Rp 124.367.800.

"Penyerahan manfaat THT dan JKM ini merupakan bukti bahwa TASPEN berkomitmen SIGAP dan ANDAL dalam melayani peserta, di mana ketika ada peserta aktif yang meninggal dunia, maka TASPEN akan segera berkoordinasi dengan instansi peserta untuk menyelesaikan hak-hak peserta yang diberikan kepada ahli warisnya," jelas Mohamad Jufri dalam keterangan tertulis, Rabu (10/3/2021).

Ia menegaskan TASPEN selalu melakukan improvement baik dari sisi layanan maupun kinerja, berupaya memberikan value added yang dapat meningkatkan kesejahteraan peserta melalui inovasi-inovasi berkelanjutan, serta memberikan layanan berbasis teknologi yang memudahkan peserta.

"Pada masa pandemi ini, TASPEN siap memberikan pelayanan terbaik berbasis digital di seluruh kantor pelayanan di Indonesia. Layanan proaktif berbasis teknologi, seperti layanan E-Klim, TASPEN Care dan Otentikasi Digital, telah berjalan dan menjawab semua kebutuhan peserta," katanya.

Dalam mengelola program jaminan sosial ASN dan Pejabat Negara, TASPEN mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yaitu UU ASN No.5/2014, UU 11 Tahun 1969 tentang Pensiun, dan PP 25 Tahun 1981 jo PP 20 Tahun 2013 tentang THT.

Sejak disahkannya PP 70 Tahun 2015 tentang JKK dan JKM bagi Pegawai ASN dan PP 66 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang JKK dan JKM bagi Pegawai ASN, TASPEN diberi amanah untuk mengelola JKK dan JKM bagi para ASN.

TASPEN sebagai Pengelola Jaminan Sosial Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara konsisten dalam melakukan layanan pro aktif kepada para peserta. Dengan didukung oleh berbagai inovasi, TASPEN semakin cepat dan tanggap dalam memberikan layanan yang andal.

Sebagai informasi, peresmian MPP Taspen baru tersebut dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo didampingi oleh Direktur Operasional TASPEN Mohamad Jufri, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam.

Hadir juga perwakilan Kantor Staf Presiden, Dirjen Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN / Bappenas, Kepala BKPM, Wali Kota Bekasi, Sekda Kota Bekasi, dengan menerapkan protokol kesehatan.

(prf/ega)