NasDem Ungkap Surya Paloh-Airlangga Bertemu Bahas Konvensi Capres

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 15:43 WIB
Airlangga-Surya Paloh (Matius Alfons/detikcom)
Airlangga Hartarto dan Surya Paloh (Matius Alfons/detikcom)

Lebih jauh Willy menekankan politik adalah jalan untuk terus memberikan harapan kepada publik untuk terus menemukan cara baru dan juga orang-orang baru, sehingga pesimisme bisa disimpan sedalam-dalamnya.

Bagi Wakil Ketua Baleg DPR RI itu, konvensi capres adalah instrumen sirkulasi kekuasaan yang transparan dan partisipatoris. Karena melibatkan beberapa pihak di luar partai, seperti lembaga survei dan opinion leader.

"Kalau kita mau objektif, sebenarnya semua partai bisa saja menggunakan konvensi sebagai instrumen mereka. Tetapi kenapa cuma NasDem? Itulah poin pokok yang menjadi pembeda, di mana Surya Paloh memiliki virtue untuk kepentingan yang lebih besar. Beliau rela mengorbankan egonya, serta visionernya untuk anak-anak bangsa yang di luar partai," tandas Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR.

Seperti diketahui, pertemuan Airlangga dengan Surya Paloh pada 14 Februari lalu memang memunculkan spekulasi koalisi untuk konvensi capres yang digagas NasDem. Namun Golkar mengaku tidak berpikir soal konvensi capres.

"Partai Golkar sebagai partai yang mengawali proses konvensi paham betul terkait proses dan mekanisme konvensi dan saat ini Golkar tidak mengagendakan konvensi," kata Ketua Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar Meutya Hafid kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Golkar, kata Meutya, terbuka untuk berkoalisi dengan semua partai politik yang memiliki visi sama. Untuk Pemilu 2024, Golkar akan mempertimbangkan dengan cermat strategi terbaik untuk menghadapi pileg dan pilpres yang masih menggunakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

"Kami telah berkali-kali mengikuti pemilu, sehingga kami tahu apa yang terbaik untuk Partai Golkar," ujar Ketua Komisi I DPR ini.


(zak/tor)