detikcom Do Your Magic

Gegara LEZ Kota Tua, Dari Alexis ke Gajah Mada Harus Lewat Gunung Sahari

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 15:20 WIB
Simpang Jl RE Martadinata dan Jl Kampung Bandan. Pengendara dari Jl RE Martadinata tidak bisa belok ke Jl Kampung Bandan.
Simpang Jl RE Martadinata dan Jl Kampung Bandan. Pengendara dari Jl RE Martadinata tidak bisa belok ke Jl Kampung Bandan. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Jl Kampung Badan dari arah Jl RE Martadinata ditutup agar kendaraan tak masuk ke area kawasan rendah emisi (LEZ) Kota Tua Jakarta. Padahal Jl Kampung Bandan merupakan akses menuju Stasiun Kota, Glodok, dan Jl Gajah Mada dari Jl RE Martadinata. Rute mana yang harus dilewati jika Jl Kampung Bandan ditutup?

Tim detikcom menelusuri rute menuju kawasan Kota Tua pada Rabu (10/3/2021) pukul 13.00 WIB dari eks gedung Alexis di Jl RE Martadinata. Untuk menuju kawasan Kota Tua, pengendara dari Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, dan sekitarnya bisa menggunakan jalan via Jl Gunung Sahari dan masuk ke Jl Pantura.

Dari Jl RE Martadinata pertigaan Jl Kampung Bandan, pengendara bisa mencari jalan putar balik untuk menuju Jl Lodan Raya, yang berada tepat di seberang Jl RE Martadinata. Salah satunya dengan melewati Jl Lodan Raya.

Jl Lodan Raya jelang persimpangan menuju Jl Gunung Sahari.Jl Lodan Raya jelang persimpangan menuju Jl Gunung Sahari. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Di Jl Lodan Raya akan ada rambu petunjuk yang disediakan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Ikuti rambu menuju Pasar Senen dan belok kanan setelah Hotel Aston Marina Ancol untuk masuk kembali ke Jl RE Martadinata. Lalu tidak jauh dari tempat tersebut belok kanan lagi di lampu merah untuk menuju Jl Gunung Sahari.

Ikuti jalan tersebut dan akan ada rambu untuk menuju Kota. Ikuti rambu tersebut dan putar balik di dekat Mangga Dua Square. Kemudian belok kiri untuk menuju Jl Raya Pantura.

Setelah di Jl Raya Pantura, pengendara bisa terus mengikuti jalan untuk menuju kawasan Kota Tua. Stasiun Jakarta Kota akan berada di sebelah kanan jalan, begitu juga dengan akses Museum Mandiri.

Putar balik dari Jl Gunung Sahari menuju Jl Raya Pantura kawasan Mangga Dua.Putar balik dari Jl Gunung Sahari menuju Jl Raya Pantura kawasan Mangga Dua. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Jika ingin menuju kawasan Glodok dan Jl Gajah Mada, pengendara bisa belok kiri menuju Jl Pintu Besar Selatan di seberang Museum Mandiri, akan ada rambu petunjuk jalan sebelum jalan tersebut. Pengendara tinggal lurus mengikuti jalan, sekitar 300 meter Pasar Jaya Glodok sudah terlihat di sebelah kanan jalan.

Jika tidak menemukan kemacetan, pengendara bisa sampai di Kota Tua atau Glodok sekitar 10 menit. Siang ini, di kawasan tersebut, ditemukan beberapa titik kemacetan, seperti di Jl Lodan Raya dan di Jl Gunung Sahari, tepatnya sekitar lokasi putar balik kendaraan.

Jl Pantura menjelang Simpang Museum Mandiri menuju Jalan Gajah Mada.Jl Pantura menjelang Simpang Museum Mandiri menuju Jalan Gajah Mada. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Simak juga 'Penampakan Macetnya Kawasan Kota Tua Imbas Zona Rendah Emisi':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)