Satpol PP Bubarkan Pemuda yang Main Skateboard di JPO FKUI Salemba

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 11:40 WIB
Aktivitas komunitas Senayan Skateboarder di Gelora Bung Karno (GBK) di kawasan Senayan.
Ilustrasi/foto tidak berkaitan dengan artikel (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Satpol PP Jakarta Pusat membubarkan sekelompok pemuda yang bermain skateboard di atas halte dan jembatan penyeberangan orang (JPO). Para pemuda itu bermain skateboard di JPO dan di atas Halte Bus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Senen, Jakarta Pusat.

Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan petugas membubarkan pemuda itu pukul 21.30 WIB, Selasa (9/3/2021) kemarin. Kabar tersebut didapat adanya laporan dari warga.

"Pada pukul 21.00 WIB, Pol PP bersama unsur Polsek Senen dan Koramil 03 Senen, melaksanakan Patroli Cipta Kondisi di wilayah Kecamatan Senen. Ketika melintas di Jalan Salemba Raya depan FKUI, terlihat dua orang pemain skateboard bermain di atas Halte," kata Bernard saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/3).

Selain melihat 2 pemuda tersebut, anggota melihat 7 orang lainnya yang bermain skateboard di JPO FKUI. Melihat para anggota yang sedang berpatroli, para pemuda tersebut langsung membubarkan diri.

"Demikian pemain skateboard melihat Pol PP Bersama 3 Pilar Senen, maka pemain skateboard membubarkan diri dengan sendirinya," ujar Bernard.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab soal perbedaan pendapat dengan Gubernur Anies Baswedan terkait skateboard di trotoar. Dia menegaskan fungsi trotoar sebagai tempat untuk pejalan kaki.

"Kalau mengacu pada peraturan undang-undang yang ada kan fungsinya ada, trotoar fungsinya untuk pejalan kaki. Iya kan?" kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/3).

Dia menyebut Anies akan menambah fasilitas umum untuk arena bermain skateboard. Sebab, lanjut Riza, para pejalan kaki akan keberatan apabila tempatnya diambil untuk aktivitas lain.

"Pak gubernur menyampaikan akan menambah tempat-tempat skateboard di banyak tempat. Tentu harapan kami teman-teman yang bermain, bermainlah di tempatnya. Kalau bermain di trotoar, nanti mengganggu pengguna jalan," ucapnya.

"Gubernur sudah menyiapkan tempat, trotoar dibangun untuk pejalan kaki, sepeda sudah disiapkan oleh Pak Gubernur, motor sudah disiapkan, semua mendapat tempat kendaraan pribadi, transportasi umum, semua serba ditempatkan. Jadi pembangunan ini komprehensif. Semua harus patuh, taat sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada," sambungnya.

Simak juga video 'Pesan Anies di Hut Ke-71 Satpol PP DKI: Tegas dan Humanis':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/lir)