Status Waspada Bendungan Bili-bili, Warga Diimbau Tak Aktivitas di Sungai

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 11:05 WIB
Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa
Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa (Muhammad Taufiqqurahman/detikcom)
Gowa -

Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), berstatus waspada akibat tingginya intensitas curah hujan pagi ini. Warga diimbau agar tak melakukan aktivitas menyeberang sungai, memancing, hingga pertambangan.

"Memang sekarang ini berstatus waspada, tetapi kita terus monitor, kita terus kendalikan dari hulu ini Bili-bili," kata Kepala Balai BBWS Pompengan Jeneberang, Adenan Rasyid, kepada detikcom, Rabu (10/3/2021).

Intensitas hujan yang tinggi juga terjadi beberapa hari terakhir. Dikatakan Adenan, pada pukul 06.00 Wita, elevasi Bili-bili +99,67 mdpl, sementara elevasi normal +99,50 mdpl.

Pihaknya saat ini juga telah menambah pembukaan pintu menjadi 200 cm. Meski begitu, aliran air dari Jenelata yang terus meningkat juga mempengaruhi naiknya elevasi air di Bili-bili.

"Kita hanya bisa kendalikan dari Bili-bili karena ada bendungan. Tetapi dari Jenelata kita tidak bisa kendalikan. Kebanyakan ini kontribusi dari Jenelata yang tidak bisa dikendalikan sama sekali. Bili-bili ini kalau dari Jenelata airnya banyak dan di Bili-bili kita tahan," ujarnya.

Masalahnya, sambung Adenan, tingginya curah hujan di Sulsel dalam beberapa hari terakhir membuat pihaknya agak kesulitan menahan laju distribusi air yang masuk ke bendungan. Diakuinya, berdasarkan laporan BMKG, curah hujan masih akan tinggi mulai dari Februari, Maret, hingga April.

Adenan berpesan kepada warga yang berada di sekitar aliran Sungai Bili-bili dan Jenelata, Sungai Jeneberang, agar tidak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan sungai untuk saat ini.

"Disampaikan kepada masyarakat tidak melakukan kegiatan penyeberangan sungai, menambang, menjala ikan di hilir Bendungan Bili-bili, dan kegiatan lainnya di muara sungai Jeneberang," imbau Adenan.

Tonton juga Video: Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula: Cegah Banjir-Pembangkit Listrik

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/aud)