TNI AU Lanud Halim Masuk Prioritas Vaksinasi Corona, Ini Alasannya

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 11:45 WIB
Jakarta -

Prajurit TNI AU Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma menjalani vaksinasi COVID-19 mulai hari ini. Pangkoopsau I Marsma TNI Tedi Rizalihadi mengatakan vaksinasi prajurit itu masuk prioritas karena melayani penerbangan VVIP.

"Kenapa air crew beserta prajurit-prajurit di Halim ini prioritas, karena air crew di sini tugasnya adalah mendukung penerbangan VVIP, baik Bapak Presiden, para menteri, dan lain sebagainya," kata Tedi saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (9/3/2021).

Tedi mengatakan pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma ini sering digunakan oleh para pejabat pemerintah ke luar daerah. Proses vaksinasi bagi prajurit TNU AU ini diharapkan memberikan rasa aman bagi mereka yang bertugas.

"Kemudian juga Lanud Halim ini terdiri dari pesawat Hercules, pesawat angkut lainnya, pesawat heli VIP. Nah, ini tentunya akan terbang ke daerah-daerah, ke pangkalan-pangkalan di luar Jawa, bahkan di Papua. Ini tentunya akan sering berinteraksi dengan masyarakat di sekitarnya," ucapnya.

"Harapannya, dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi terhadap air crew, itu akan lebih memberikan aman bagi semuanya," lanjut Tedi.

Lebih lanjut, para penerbang yang telah divaksinasi juga akan terus dipantau kesehatannya. Prajurit yang telah divaksinasi tidak langsung bertugas terlebih dahulu untuk menghindari dampak vaksin.

"Kenapa tidak kita selesaikan satu hari? Karena untuk penerbang, diharapkan yang sudah divaksinasi ini kita tidak terbangkan dulu karena kita tetap ada KIPI. Ini yang terus kita lakukan peninjauan," tuturnya.

Tercatat ada 1.200 prajurit TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma yang akan disuntik vaksin COVID. Proses vaksinasi ini berlangsung hari ini hingga besok.

(eva/eva)