HNW Ingatkan Sosialisasi 4 Pilar Harus Berujung pada Implementasi

Abu Ubaidillah - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 10:44 WIB
Hidayat Nur Wahid
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang gencar dilakukan MPR ke berbagai elemen masyarakat Indonesia adalah sesuatu yang sangat penting bagi rakyat.

Namun, dia mengingatkan masifnya sosialisasi harus berujung kepada implementasi. Jangan sampai mempersembahkan wawasan yang bagus soal nilai-nilai luhur bangsa hanya teori semata, lalu hilang sesuai waktu.

"Al ilmu bilaa 'amalin kasyajari bila tsamarin, ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. Sosialisasi akan percuma jika itu terjadi," ujar HNW dalam keterangannya mengutip kata-kata mutiara berbahasa Arab, Senin (8/3/2021).

Hal tersebut disampaikan secara virtual dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerja sama MPR dengan Yayasan Al Madinah, di kotaSalatiga, Jawa Tengah, Minggu (7/3/). Hadir dalam acara tersebut anggota MPR FraksiPKS KH.Bukhori, Wakil WalikotaSalatigaMuh. Haris, Ketua Yayasan Al MadinahSupriyadiFatkhi, dan masyarakat sekitar.

Lebih jauh, HNW menuturkan agar Sosialisasi Empat Pilar sesuai dengan harapan, metode dan materi yang disampaikan harus baik dan benar serta berasal dari sumber terpercaya. "Ini saya garis bawahi, sebab kalau dalam teorinya saja salah, maka prakteknya pun akan ikut salah dan itu berbahaya sekali," jelasnya.

MPR sendiri, lanjut HNW, sangat menyadari hal itu. Makanya, saat awal melakukan sosialisasi, MPR memulainya di Jakarta dengan peserta dari kalangan legislatif yakni anggota DPR dan DPD. Lalu berlanjut melakukan kerja sama dengan eksekutif yakni Presiden, Wakil Presiden, para menteri terus kepada lembaga-lembaga negara, TNI-Polri, dan para kepala daerah, bertempat mereka bisa menjadi contoh dalam melaksanakan Empat Pilar MPR.

"Untuk urusan materi, metode, target sosialisasi, sebenarnya telah dilakukan MPR secara maksimal dan kuasa MPR berhenti sampai di situ. Selanjutnya, kami tidak punya unsur pemaksa untuk menghukum pihak-pihak yang tidak melaksanakan Empat Pilar. MPR hanya melakukan imbauan agar sosialisasi diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat," jelasnya.

Melihat begitu hebatnya dampak Sosialisasi Empat Pilar buat rakyat, HNW mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Partisipasi rakyat bukan hanya menjadi peserta saja, tapi juga dapat memberikan ide-ide, gagasan-gagasan segar untuk meningkatkan kualitas metode penyampaian sosialisasi agar lebih mudah diterima dan diterapkan rakyat terutama menciptakan milenial.

(ega/ega)