PAN Minta Petugas Jaga Jalur Sepeda di Sudirman Ditambah Saat Akhir Pekan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 07:32 WIB
Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda
Foto: Oman Rohman Rakinda (dok. Istimewa)
Jakarta -

PAN DKI Jakarta menyebut perlu ada tambahan personel jaga di jalur sepeda permanen Jalan Sudirman-MH Thamrin saat akhir pekan. Kebijakan itu mengingat banyaknya pesepeda di akhir pekan dibanding hari-hari biasa.

"Sisi positifnya, kita senang lah. Masyarakat mulai banyak yang bersepeda. Ini hari libur ya," ucap Sekretaris Fraksi PAN DKI Jakarta, Oman Rahman, saat dihubungi, Minggu (7/3/2021).

"Mungkin, jumlah petugas kurang, jadi nggak siap antisipasi. Tambah saja petugasnya," kata Oman.

Menurut Oman, petugas-petugas lapangan harus memberi pemahaman kepada pesepeda. Khususnya kepada pesepeda yang menggunakan jalur kendaraan bermotor.

"Pesepeda yang masuk jalur biasa, kita edukasi agar menggunakan jalur khusus sepeda, atau diperlukan petugas Dishub untuk mengarahkan," katanya.

Menurut Oman, meski ada beberapa pesepeda yang melanggar, tak membuat jalur khusus sepeda berhenti atau dikurangi.

"Kita harus fasilitasi dengan jalur sepeda yang lebih baik lagi. Menjangkau seluruh sudut Jakarta," ucapnya.

Diketahui, Pemprov DKI telah menyediakan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Namun masih banyak pesepeda yang melintas di jalur kendaraan umum.

Pantauan detikcom di sekitar Gedung Mid Plaza, Jakarta, Minggu (7/3), pukul 08.33 WIB, banyak pesepeda yang hilir-mudik, baik yang menuju Senayan maupun dari arah sebaliknya. Pesepeda dan pelari masuk berbarengan di jalur sepeda permanen.

Namun, pada kenyataannya, di hari libur ini, masih banyak pesepeda yang juga memilih melintas di jalur kendaraan umum. Padahal ada petugas dinas perhubungan dan Satpol PP yang berjaga di sekitar lokasi jalur sepeda permanen.

Simak video 'Banyak Pesepeda Keluar Jalur Sepeda di Sudirman':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/lir)