6 Eks Ketua DPC Ikut KLB di Sumut, Demokrat Sulut: Mereka Sudah Dipecat

Trisno Mais - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 22:56 WIB
Sekretaris DPD PD Sulut, Billy Lombok
Foto: Trisno Mais-detikcom
Jakarta - DPD Demokrat Sulawesi Utara (Sulut) berhasil mengidentifikasi sejumlah kader yang ikut Kongres Luar Biasa (KLB) di hotel The Hill, Sumatera Utara (Sumut). Dari penelusuran DPD, diidentifikasi ada 6 mantan ketua DPC yang ikut kongres yang sebelumnya telah dipecat oleh DPD.

"Tidak ada DPC yang hadir di sana, tanggal 4 Maret 2021 sudah dilaksanakan deteksi dini oleh DPP, sehingga 6 DPC (Tomohon, Sangihe, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan serta Sitaro) sudah diadakan penggantian," kata Sekretaris DPD PD Sulut, Billy Lombok yang didampingi Ketua DPD Mor Bastian, Sabtu (6/3/2021).

Ditanya apakah mereka mewakili DPC asal, Billy membantah. Kehadiran para eks ketua DPC dianggap tidak merepresentasi suara DPC asal.

"Legal standingnya tidak ada, hanya kepengurusan yang sah dan terdaftar yang memiliki hak penerbitan surat keputusan," cetusnya.

Billy mempertanyakan kehadiran eks ketua DPC di KLB. Menurut dia, mereka bukan lagi pengurus karena telah dipecat.

"Pertanyaannya, yang di sana kalau begitu siapa saja," singkatnya.

Tak hanya itu, Wakil Ketua DPRD Sulut menambahkan, hasil investigasi terhadap seluruh jajaran di tingkat DPC terungkap ada pihak yang mengimingi bergabung dengan kelompok kontra terhadap kepemimpinan AHY. Menurut dia, itu menandakan keterwakilan unsur DPC saat pelaksanaan KLB diragukan.

"Sekarang katanya ada yang sedang bergerilya untuk membujuk para ketua ketua DPC sah. Kenapa harus bergerilya karena syaratnya harus peserta yang sah," tukasnya.

Meski begitu dia berharap agar pemerintah dapat menengahi dinamika yang ada di partainya.

"Harapan tentunya agar pemerintah memberi sikap yang adil. Undang-undang menjamin bahwa tiap partai politik sesuai dengan hasil kongresnya. Partai Demokrat sudah melaksanakan kongres ke V, disahkan oleh SK Menkumham dengan kepesertaan yang berjenjang," kunci wakil rakyat daerah pemilihan Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara.

Lihat Video: Airlangga Prihatin Soal KLB Demokrat di Sumut

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)