Moeldoko Temui Perwakilan Petani di Medan yang Pernah Jalan Kaki ke Istana

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 15:59 WIB
Moeldoko Temui Perwakilan Petani di Medan
Moeldoko menemui perwakilan petani di Medan. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menemui perwakilan para petani Simalingkar-Mencirim di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Moeldoko hadir mengecek persoalan tanah yang sempat didemo oleh para petani di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Pantauan detikcom di Kenanga Garden, Jalan Jamin Ginting, Kecamatan, Medan Tuntungan, Sabtu (6/3/2021),hadir para perwakilan petani Simalingkar dan Mencirim. Kemudian juga pihak dari Kanwil BPN Sumut, BPN Deli Serdang, serta pihak direksi PTPN.

"Ya ini persoalan yang sudah sangat lama ya, dan ini pada saat teman-teman jalan kaki ke Jakarta dan diterima oleh Presiden. Presiden memerintahkan KSP untuk membereskan ini. Dan kita buat surat keputusan melibatkan seluruh pihak yang berkaitan dengan ini, termasuk juga daerah ya. Kita empat kali rapat, alhamdulillah sudah menemukan rumusan yang konkret. Pada siang hari ini saya datang untuk mengecek," kata Moeldoko kepada wartawan seusai pertemuan di lokasi.

Moeldoko mengatakan pemerintah sudah bicara mengenai keluhan-keluhan petani. Moeldoko juga memastikan pemerintah sudah menyiapkan langkah konkret untuk petani, yakni memberikan lahan usaha untuk petani.

"Yang kedua, saya ingin memastikan bahwa tapak untuk rumah yang 150 meter untuk 707 itu di mana tempatnya. Tadi sudah di sampaikan, disposisinya, di mana lokasinya, dan saya harapkan nanti agar ada peninjauan oleh PTP, masyarakat, dan BPN. Saya harapkan secepatnya untuk bisa segera mendapat sertifikat," sebut Moeldoko.

"Yang ketiga, penentuan tempat usaha mereka. Para petani ini diberi lahan usaha masing-masing 2.500 meter, ini nanti PTP juga akan menunjukkan inilah lokasi bersama. Nanti untuk apa mereka bertanam itu tergantung kesepakatan mereka," lanjutnya.

Dalam kunjungannya, dia menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan setiap keluhan masyarakat, termasuk para petani. Dia juga berharap bantuan lahan ini bisa menjadi solusi masalah bagi petani di Medan.

Simak juga 'Pidato Politik Perdana Moeldoko Usai Jadi Ketum Demokrat Versi KLB Sumut':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2