4 Ketua DPC Hadiri KLB Demokrat, PD Sulsel: Pasti Dipecat!

Noval Dhwinuari Antony, Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 09:13 WIB
Wakil Ketua DPRD Sulsel Nimatullah (Noval-detikcom)
Ketua Demokrat Sulsel Ni'matullah (Noval/detikcom)
Makassar -

Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Sulawesi Selatan (Sulsel) Ni'matullah Erbe mencurigai ada empat ketua DPC Demokrat di bawah wilayahnya yang mengikuti kongres luar biasa (KLB) yang dianggap ilegal dan inkonstitusional di Deli Serdang, Sumut. Ni'matullah menegaskan akan memecat empat ketua DPC tersebut.

"Kita mencurigai sekitar 4 (ketua DPC Demokrat dari Sulsel ikut KLB)," ujar Ni'matullah, yang akrab disapa Ulla, kepada detikcom, Sabtu (6/3/2021).

Ulla menyebut saat ini pihaknya tengah mengumpulkan data dan bukti keempat ketua DPC itu ikut KLB Demokrat di Deli Serdang.

"Dalam 1-2 hari ini, kalau datanya lengkap tentang kehadirannya, pasti dipecat," katanya.

Meski ada ketua DPC yang hadir di KLB yang memilih Moeldoko sebagai Ketua Umum PD, Ulla menegaskan tidak ada jajaran pengurus DPD yang hadir dalam KLB tersebut.

"Kalau (jajaran pengurus DPD) tidak ada," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPD Demokrat Sulsel, Selle Ks Dalle, menyebut empat ketua DPC tersebut ialah Ketua DPC Kabupaten Sidrap, Kabupaten Barru, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Takalar.

"Yang menghadiri KLB itu bahkan ketua DPC dari keempat kabupaten itu," kata Selle saat dimintai konfirmasi terpisah.

Selle mengaku heran terhadap sikap keempat ketua DPC yang hadir. Sebab, sebelumnya, mereka mengikuti rapat koordinasi (rakorda) dan menyatakan siap menolak KLB.

"Pas pertama muncul informasi dari Deli Serdang bahwa dia ada di sana, saya bilang masih berprasangka baik, mungkin dicatut namanya di sana," ujarnya.

Namun ternyata keempat ketua DPC itu malah terang-terangan ikut KLB dan menyatakan sikap memilih Moeldoko sebagai ketua umum.

"Kita langsung menyurat ke DPP, dan DPP sudah minta memang segera cek dan kalau dia pasti (mendukung KLB) segera tindak lanjuti menurut mekanisme. Ini alan dipecat dan dicap sebagai pengkhianat partai," tegas Selle.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Moeldoko Ajak Kader Demokrat Bersatu: Ini adalah Rumah Besar Kita!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2