Cegah Corona B117, Kemenkes Perketat Pintu Masuk RI di Bandara hingga Laut

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 08:46 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Foto: Getty Images/iStockphoto/serts
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat, seperti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak khawatir terhadap virus Corona varian baru bernama B117. Kemenkes menyebut pemerintah akan memperketat pintu masuk negara, baik dari udara maupun laut.

"Betul, kita tidak perlu panik dan khawatir karena kita kan sudah tahu upaya pencegahannya adalah dengan penerapan protokol kesehatan," kata juru bicara Kemenkes, Nadia Wiweko, saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Nadia mengatakan dua kasus yang ditemukan terkait virus baru Corona ini juga sudah sembuh. Selain itu, upaya tracing sudah dilakukan terhadap kontak terdekat dengan dua kasus tersebut.

"Kedua kasus ini, karena positif, sudah dilakukan pengobatan, sehingga mereka dinyatakan sembuh dan sudah berkumpul bersama keluarga. Sudah dilakukan pelacakan kontak kepada keluarga dan kontak terdekat dan hasil pemeriksaannya negatif serta tidak ada yang sakit COVID-19," ucapnya.

Tak hanya itu, Nadia juga memastikan pencegahan di pintu masuk negara, baik di bandara maupun di pelabuhan, akan diperketat. Upaya testing dan tracing di pintu masuk negara, kata dia, juga akan digencarkan.

"Pemerintah akan terus memperketat pencegahan di pintu masuk negara, baik bandara maupun laut, untuk mencegah mutasi ini, dan juga penguatan testing, pelacakan kasus dengan menambah tracer dan penguatan untuk segera isolasi bila ada gejala. Masyarakat diminta semakin disiplin dalam menjalankan 3M, termasuk menghindari kerumunan," ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya meminta masyarakat tidak khawatir atas ditemukannya kasus mutasi Corona varian baru B117 di RI. Terlebih dua kasus yang ditemukan saat ini sudah dinyatakan negatif.

"Saya imbau kepada Bapak, Ibu, Saudara semuanya untuk tidak perlu khawatir karena ditemukannya dua kasus positif COVID-19 dengan mutasi virus Corona dari Inggris atau B117. Dua orang yang terpapar varian baru tersebut saat ini sudah negatif," ujar Jokowi dalam siarannya di YouTube Setpres, Kamis (4/3/2021).

Jokowi juga menyebut saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan mutasi B117 lebih mematikan. Langkah pencegahan, lanjut Jokowi, juga sudah dilakukan.

Simak video 'Corona B117 Masuk RI, Kemenkes: Vaksinasi Lanjut, Disiplin Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idn)