Round-Up

Tanda Tanya Beda Komentar Anies dan Ahmad Riza

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 07:49 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan didampingi Wagub Riza Patria saat memberikan pesan untuk seluruh ASN di Pemprov DKI
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Urusan bermain skateboard di trotoar Jl MH Thamrin memunculkan perbedaan komentar antara Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. Tanda tanya tersisa, bagaimana bisa pemimpin Jakarta berbeda pendapat? Mana pendapat yang benar?

Awalnya, video beredar viral menampilkan pemain skateboard (skateboarders) ditangkap oleh personel Satpol PP DKI. Satpol PP menyatakan penangkapan itu dilakukan karena skateboarders menggunakan trotoar.

"Jadi anggota kita sering kali mendapatkan pengaduan bahwa ada teman-teman yang menggunakan di depan Hotel (Mandarin Oriental) trotoar di Thamrin itu sering digunakan teman-teman main skateboard, mengokupasi trotoar," kata Arifin saat dihubung, Kamis (4/2).

Trotoar adalah tempat untuk pejalan kaki. Keberadaan skateboarders mengganggu pejalan kaki. Riza melarang trotoar menjadi arena bermain skateboard.

"Olahraga skateboard itu di trotoar tidak boleh kan ada tempat yang sudah disiapkan. Pemprov siapkan pemerintah pusat di Senayan juga disiapkan, jadi kalau di situ banyak warga yang keberatan, protes," kata Riza di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/3).

Pada malam harinya, beredar kabar Anies Baswedan telah bertemu dengan perwakilan Komunitas Jakarta Skateboarding di Balai Kota.

Anies bertemu komunitas skateboardAnies bertemu komunitas skateboard Foto: Instagram Satriavijie

Hasil pertemuan ini salah satunya Anies memperbolehkan skateboarders bermain skateboard di atas trotoar. Syaratnya yaitu tidak mengganggu aktivitas pejalan kaki.

"Ada keputusan Gubernur boleh main di trotoar Jakarta tapi tetap yang diamankan, kewajiban utamanya adalah mendahulukan pejalan kaki," kata Pengurus Komunitas Jakarta Skateboarding Satria Vijie saat dihubungi, Kamis (4/3).

Lihat juga video 'Pesan Anies di Hut ke-71 Satpol PP DKI: Tegas dan Humanis':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2