Round-Up

Senayan Menyambut saat Mahfud Ingin RUU KUHP Segera Disahkan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 06:20 WIB
Ilustrasi Fokus RUU KUHP
Ilustrasi RUU KUHP (Foto: Andhika Akbarayansyah/detikcom)

Keinginan Mahfud itu pun direspons Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Politikus Golkar itu meminta Komisi III DPR mengatur rapat dengan Menkum HAM Yasonna Laoly untuk membahas kelanjutan RUU KUHP.

"Iya Menkum HAM untuk bisa melakukan rapat dengan Komisi III," kata Azis, kepada wartawan, Jumat (5/3/2021).

"Karena waktu saya menjadi pimpinan Komisi III, RUU KUHP tersebut sudah pengesahan tingkat pertama," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mendukung keinginan Mahfud agar RUU KUHP segera disahkan. Herman menilai KUHP sebagai induk hukum pidana juga butuh diperbarui seiring dengan perkembangan zaman.

"Komisi III menyambut baik keinginan pemerintah terkait RUU KUHP. Niat itu sejalan dengan semangat Komisi III yang terus mendorong pemerintah sebagai pengusul RUU KUHP untuk segera melakukan pembahasan lebih lanjut," kata Herman dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (5/3/2021).

"KUHP sebagai induk hukum pidana tentunya menjadi penting dalam menjawab dinamika tindak pidana yang terus mengalami pembaharuan seiring dengan perkembangan zaman," lanjut Herman.

Politikus PDI Perjuangan itu menilai, pengesahan RUU KUHP akan menjadi sejarah bagi Indonesia. Namun, dia menekankan pentingnya sosialisasi RUU KUHP agar tidak lagi terjadi disinformasi di masyarakat seperti sebelumnya.

"Bila akhirnya revisi KUHP terwujud, ini akan menjadi penanda sejarah bagi Indonesia untuk tidak lagi menggunakan hukum yang diadopsi dari Belanda," ucapnya.

Halaman

(mae/man)