detikcom Do Your Magic

Perbaikan Jl Industri Bekasi Harus Tunggu 2022, Bisakah Dipercepat?

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 18:07 WIB
Jl Raya Industri setelah flyover Jl Raya Cikarang-Cibarusah, rusak parah. 4 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jl Raya Industri setelah flyover Jl Raya Cikarang-Cibarusah, rusak parah. 4 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bekasi - Gara-gara tidak ada anggaran untuk perbaikan jalan tahun ini, perbaikan Jl Raya Industri di Kabupaten Bekasi yang hancur harus menunggu tahun 2022. Apakah tidak bisa dipercepat? Ini jawaban Dinas Bina Marga Jawa Barat.

"Kalau anggaran di perubahan ada maka bisa saja dimasukkan di perubahan 2021. Lihat kondisi keuangan Pemprov Jawa Barat dulu," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, A Koswara, kepada detikcom, Jumat (5/3/2021).

Bisa saja perbaikan jalan provinsi di Cikarang Selatan itu dilakukan pada tahun 2021, asalkan APBD Perubahan 2021 Jawa Barat nanti mengalokasikan dana untuk perbaiakn di ruas jalan itu. Bila tidak ada dana, maka kemungkinan perbaikan baru bisa terlaksana pada 2022.

"APBD kan ada siklusnya, tidak bisa dadakan," kata Koswara.

Jl Raya Industri yang terletak setelah flyover Jl Raya Cikarang-Cibarusah itu sudah lama rusak. Perbaikan yang selama ini dilakukan hanyalah perbaikan sementara atau dalam rangka pemeliharaan, namun peningkatan jalan alias perbaikan permanen belum dilakukan. Bina Marga sudah mengusulkan anggaran ke Pemda.

"Kalau usulan, jalan tersebut kita sudah masukkan dari tahun kemarin, tapi belum ada anggarannya," kata Koswara.

Jalan tersebut adalah akses utama menuju Kawasan Industri Jababeka. Jalan tersebut juga mengarah ke Kalimalang. Jalan tersebut berubah menjadi kubangan-kubangan bila hujan mengguyur. (dnu/dnu)