Sultan Hamengkubuwono X- Danlantamal V Bahas Sektor Maritim Kulon Progo

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 15:05 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal melakukan pertemuan.
Foto: Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal melakukan pertemuan (dok. TNI AL)
Yogyakarta -

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal melakukan pertemuan. Salah satunya untuk membahas potensi kemaritiman di Kulon Progo.

"Kami mengucapkan terima kasih, karena Pemerintah DIY telah mendukung visi misi kemaritiman. Khususnya wilayah selatan, yaitu Kulon Progo," ungkap Zaenal, dikutip detikcom dari situs resmi TNI AL pada Jumat, 5/3/2021).

Zaenal menuturkan pembangunan di Kulon Progo mendorong peningkatan potensi maritim di wilayah tersebut. "Pembangunan di wilayah itu, telah membantu meningkatkan potensi maritim bagi wilayah tersebut," sambung Zaenal.

Pertemuan tersebut digelar di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, kemarin (4/3). Untuk diketahui, Lantamal V membawahi Pangkalan TNI AL Yogyakarta.

Zaenal menyebut kerjasama TNI AL dengan Pemda DIY tidak hanya di sektor kemaritiman, tetapi juga dalam percepatan penanganan pandemi COVID-19.

Dalam pertemuan, Sri Sultan Hamengkubuwono X menitip pesan sinergitas Pemprov DIY dan TNI AL agar diperluas tak hanya di bidang kemaritiman, kendati juga sektor lingkungan.

"Tidak hanya pada sektor pertahanan saja yang perlu ditingkatkan, namun juga sektor pelestarian lingkungan, dengan mendorong dan mendukung penuh aksi pelestariannya, seperti penanaman mangrove di sekitar pantai," ucap Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dalam kegiatannya di Yogyakarta, Zaenal juga mengecek Pangkalan TNI AL. Kedatangan. Zaenal menemui para prajurit, PNS serta Jalasenastri Lanal Yogyakarta.

"Jalin sinergitas dengan institusi dan elemen lainnya, jangan mudah terprovokasi yang akan menimbulkan gesekan, serta sebagai prajurit TNI AL untuk tetap menjaga disiplin, semangat juang, serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas," tandas Komandan Lantamal V.

(aud/aud)