Doa Masuk Pasar, Arab, Latin, dan Artinya

Tim hikmah detikcom - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 10:21 WIB
Harga cabai rawit di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta menembus Rp 90 ribu perkilogramnya. Naiknya harga itu salah satunya karena faktor cuaca.
Foto: Pradito Rida Pertana/Detikcom/Doa Masuk Pasar, Arab, Latin, dan Artinya
Jakarta -

Pasar adalah tempat jual beli. Tempat penjual yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang dan pembeli yang ingin menukar uang dengan barang atau jasa.

Saat pandemi COVID-19 pergi ke pasar adalah yang harus dihindari. Namun ketika kamu terdesak harus ke pasar, ada doa-doa agar senantiasa terlindung dari penjualan dan pembelian yang merugikan.


Nabi Muhammad bersabda, pasar adalah tempat yang dibenci Allah. Karena itulah kita dianjurkan membaca doa masuk pasar.


أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

"Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjidnya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya." (HR Muslim, Ahmad, dan Hakim).


Masjid paling disukai Allah karena tempat berdzikir dan beribadah kepada-NYA seperti dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid IV karya Syaikh Muhammad Al-Utssaimin.

Sedangkan pasar dibenci Allah SWT karena menjadi tempat setan menggoda orang di dalamnya untuk berbuat kebatilan.

Seperti berbuat curang, penipuan, bohong, sumpah palsu, akad batil, menjual sesuatu yang sudah dipesan orang lain, membeli barang yang sudah ditawar orang lain, mengurangi takaran dan timbangan, dan lainnya.


Berikut doa masuk pasar:

1. Doa Masuk Pasar

Dilansir dari buku Kumpulan Doa dari Al Quran dan As Sunnah yang Shahih oleh Yazid Abdul Qadir Jawas:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Latin: Laa Ilaaha Illallaahu wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu, Yuhyii, Wayumiitu, Wahuwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khairu, Wahuwa 'alaa Kulli Syai-in Qadiir

Artinya: Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.


2. Doa Masuk Pasar lainnya

Dalam situs Kemenag Jatim Rasulullah membaca doa masuk pasar berikut ini saat masuk pasar:


Bismillah allahumma innii as aluka khoiro haazihissuuqi wakhoiromaa fiihaa wa auudzubika ming-syarri hazihissuuqi wa ming syarri maa fiihaallahumma innii a'uuzu bika an ushiiba fiihaa yamiinan fajirotan au shofaghotan haasiroh.

Artinya : Dengan nama Allah ya Allah aku memohon pada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pasar ini dan dari keburukan yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung pada-Mu dari sumpah palsu dan dari suatu pembelian atau penjualan yang merugikan. (HR. Hakim).

Nah sahabat hikmah, jangan lupa membaca doa masuk pasar ya.

(nwy/erd)