Pemprov DKI Anggarkan Rp 100 Miliar untuk Tata Trotoar di 10 Ruas Jalan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 00:06 WIB
Pemprov DKI Jakarta berencana memfasilitasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa berjualan di trotoar jalan-jalan utama di Ibu Kota.
Ilustrasi trotoar DKI. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana menata trotoar di 10 ruas jalan Ibu Kota. Penataan ini menelan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta 2021 senilai Rp 100 miliar.

"Trotoar kan sudah (direncanakan), 3 di Kebayoran Baru yang 7 menyebar ke lima wilayah. Anggarannya kita sampai Rp 100 miliar semuanya," kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Hari menyampaikan saat ini sedang dilakukan pematangan rencana penataan trotoar. Rencananya penataan ini dieksekusi serentak pada Mei 2021 mendatang.

"Ini kan lagi perencanaan, nanti Mei mulai," sebutnya.

Selain itu, ukuran lebar trotoar bervariasi antara 2 meter sampai 4 meter. Nantinya, lebar trotoar akan disesuaikan dengan lokasi penataan.

"Lebar bervariasi. Ada yang 2 meter, ada yang 3,5 meter ada yang 4 meter, bervariasi tergantung lokasinya," ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan penataan awal trotoar akan dilakukan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dimulai dari Jl Senopati hingga Jl Suryo, Jl Woltermonginsidi, hingga Jl Trunojoyo dan Jl Gunawarman. Kemudian, penataan akan dilanjutkan di sejumlah ruas jalan di wilayah lain. Berikut ini rinciannya:

Jakarta Barat
- Jl Duri Kosambi

Jakarta Selatan
- Jl Tebet CS, Jl Tebet Raya (lanjutan)
- Jl Senopati hingga Jalan Suryo
- Jl Woltermonginsidi hingga Jl Trunojoyo
- Jl Gunawarman

Jakarta Pusat
- Jl Kesehatan
- Jl Raden Saleh

Jakarta Barat
- Kawasan Puri, Jl Puri Wangi

Jakarta Timur
- Jl Layur

Jakarta Utara
- Area sekitar Jakarta International Stadium, Jl Sunter Permai Raya-Jl Danau Sunter Barat (idn/idn)