Wagub DKI: Tak Boleh Skateboard di Trotoar, Sudah Ada Tempat Disiapkan

Tiara Aliya - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 19:54 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Aksi Satpol PP menindak tegas dua skateboarders di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, mendapat sorotan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tegas melarang warga bermain skateboard di atas trotoar.

"Olahraga skateboard itu di trotoar tidak boleh kan ada tempat yang sudah disiapkan. Pemprov siapkan pemerintah pusat di Senayan juga disiapkan, jadi kalau di situ banyak warga yang keberatan, protes," kata Riza di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/3/2021).

Orang nomor 2 di Jakarta ini menyarankan para skateboarder berolahraga sesuai tempatnya. Menurutnya, DKI memiliki fasilitas olahraga yang sangat memadai yang tersebar di berbagai wilayah.

"Sejauh ini menyiapkan fasilitas olahraga. Kami sudah punya di Ragunan tempat pembinaan Pelatihan bagi pelajar di banyak tempat. Teman-teman menyiapkan GOR tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan dengan fasilitas yang cukup baik sudah sangat baik. Mari kita dukung fasilitas yang ada kita gunakan secara baik optimal agar sehat agar berprestasi," imbuhnya.

Kemudian, Riza membela aksi Satpol PP DKI dalam video viral itu semata-mata untuk menertibkan masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan COVID-19. Saat itu, Satpol PP mengindikasikan adanya pelanggaran.

"Yang pertama, tugas Satpol PP melakukan penertiban sesuai dengan aturan dan ketentuan, mana yang boleh mana yang tidak. Itu dilakukan semata-mata untuk memastikan keselamatan warga, yang bersangkutan, maupun warga yang lain. Termasuk yang tidak pakai masker, jadi sebetulnya masalahnya demikian. Kebetulan viral, ya memang di situ ada pelanggaran," ungkapnya.

Untuk itu, politikus Gerindra ini mengajak masyarakat mendukung upaya pengawasan yang dijalankan aparat Satpol PP. Di sisi lain, ia mewanti-wanti Satpol PP lebih mengutamakan penindakan secara persuasif dalam bertugas.

"Untuk itu, kami mohon masyarakat memahami, mengerti dan mendukung tugas-tugas dari aparat, maupun satpol PP TNI Polri yang memang dapat tugas khusus untuk melakukan pemantauan, penertiban," ujarnya.

"Namun demikian, kami minta juga jajaran Satpol PP untuk melakukan penertiban pengawasan secara persuasif. Secara baik ya, nanti kita akan sinergi kan kembali dan tentu kami butuh dukungan Masyarakat untuk patuh dan taat," sambungnya.

Sebelumnya, video berisi penangkapan skateboarders di kawasan trotoar Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, menjadi viral. Lokasinya ada di depan Hotel Mandarin Oriental.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan penindakan itu berawal dari laporan masyarakat. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan skateboarders itu kerap menimbulkan kerumunan di trotoar.

"Jadi anggota kita sering kali mendapatkan pengaduan bahwa ada teman-teman yang menggunakan di depan Hotel (Mandarin Oriental) trotoar di Thamrin itu sering digunakan teman-teman main skateboard, mengokupasi trotoar," kata Arifin saat dihubungi detikcom.

(imk/imk)