PKS Tak Setuju Ajakan Benci Produk Asing yang Digaungkan Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 19:46 WIB
Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan untuk mencintai produk dalam negeri dan membenci produk asing. PKS menilai, untuk menggenjot produk dalam negeri, tidak perlu sampai membenci produk asing.

"Pak Jokowi, nggak usah benci. Cukup dorong dengan inovasi," kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Mardani mengatakan pemerintah hanya perlu memberi pelatihan bagi UMKM lokal. Selain itu, menurutnya, tugas pemerintah bisa membantu pemasaran bagi di dalam atau di luar negeri.

"Pelatihan bagi UMKM lokal plus bantu pemasarannya, di dalam maupun luar negeri," ucapnya.

Lebih lanjut, Mardani juga menyarankan pemerintah membuat road map bagi para UMKM dalam negeri. Jadi, kata dia, mereka bisa secara mandiri bergerak.

"Mestinya semua dibuatkan road map agar mandiri dan berbasis kekuatan dalam negeri," ujar Mardani.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi kembali meminta seluruh pemangku kepentingan mengagungkan cinta produk Indonesia. Bukan hanya itu, dia juga meminta agar didorong kampanye untuk membenci produk asing.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," tegasnya saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," tambah Jokowi.

Lihat Video: Cerita Di Balik Seruan Jokowi Ajak Benci Produk Asing

[Gambas:Video 20detik]



(maa/zak)