Satgas Tegaskan Vaksinasi Drive Thru untuk Lansia DKI Bukan Komersialisasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 17:45 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Prof Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Penanganan COVID-19)
Jakarta - Program vaksinasi drive thru untuk warga lanjut usia (lansia) di DKI Jakarta sudah resmi beroperasi. Layanan vaksinasi drive thru ini bekerja sama dengan pihak swasta.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito pun menjelaskan bahwa kerja sama tersebut bukan bentuk komersialisasi vaksinasi COVID-19. Kerja sama tersebut, kata Wiku, untuk memudahkan lansia dalam memperoleh vaksinasi.

"Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc maupun Gojek bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksinasi Covid-19. Kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan cakupan program vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Dengan demikian lansia dapat lebih mudah aman dan nyaman dalam memperoleh vaksin Covid-19," kata Wiku dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Wiku menjelaskan, lansia cukup mendaftar melalui aplikasi untuk mendapatkan layanan vaksinasi drive thru ini. Layanan vaksinasi drive thru ini juga tidak dipungut biaya.

"Selain itu program vaksinasi drive thru ini juga gratis dan tidak dipungut biaya apapun," ujarnya.

"Diharapkan melalui layanan aplikasi drive thru ini maka jumlah antrian vaksinasi lansia di fasilitas kesehatan di DKI Jakarta dapat berkurang sekaligus juga memudahkan lansia dalam memperoleh vaksin Covid-19," sambung Wiku.

Selain untuk lansia, layanan vaksinasi drive thru juga sudah tersedia di Bali. Layanan vaksinasi drive thru ini dikhususkan untuk para pelaku pariwisata di Pulau Dewata itu.

"Selain bagi lansia, Kementerian Kesehatan bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menjalin kerja sama dengan Grab serta Good Doctor untuk memperoleh program vaksinasi drive thru di Pulau Bali yang ditujukan kepada pelaku pariwisata," kata Wiku.

Wiku mengungkapkan, pusat vaksinasi pertama akan beroperasi di Bali mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 5 Maret 2021 untuk gelombang 1. Kemudian pada tanggal 13 sampai 19 Maret 2021 untuk gelombang 2.

"Berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center. Program vaksinasi yang ditujukan kepada para pelaku pariwisata ini juga gratis dan diharapkan dapat mengakses orasi tercapainya kekebalan komunitas dan memulihkan sektor pariwisata di Pulau Bali," ungkap dia.

Simak Video: Layanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru untuk Lansia Resmi Beroperasi

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)