F-PD DPRD Minta Bobby Tak Pilih Kasih Robohkan Bangunan Ilegal di Medan

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 15:13 WIB
Bobby Nasution pimpin penertiban bangunan liar di Kesawan Medan
Perobohan bangunan ilegal di Medan (Foto: Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan - Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mulai beraksi merobohkan bangunan ilegal di kawasan Kesawan Medan untuk mengubah wilayah itu menjadi kawasan wisata. Fraksi Partai Demokrat (PD) DPRD Medan meminta Bobby tak pilih kasih dalam merobohkan bangunan ilegal di Medan.

"Yang pertama saya ingin sampaikan di dalam melaksanakan kerja jangan ada pilih kasih. Yang kedua, benar-benar sesuai aturan peraturan yang berlaku," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Medan, Burhanuddin Sitepu, Kamis (4/3/2021).

Burhanuddin meminta aksi Bobby menertibkan bangunan liar di Medan dilakukan berkelanjutan dan sesuai aturan. Dia mengatakan DPRD Medan akan mendukung Bobby asal bekerja sesuai aturan.

"Kita harapkan ini berkesinambungan dan ya pada dasarnya tidak usah dulu saya, saya kira lembaga DPRD secara kelembagaan mendukung hal itu, nah jangan pilih kasih yakan, aturannya dilaksanakan sesuai dengan aturan agar jangan menimbulkan bias nanti belakangan hari. Pada dasarnya, panjang itu guna kepentingan pembangunan Kota Medan, kepentingan masyarakat. Menerapkan aturan dan peraturan yang berlaku sudah disahkan melalui DPRD," sebut Burhanuddin.

Dia mengatakan Fraksi Demokrat DPRD Medan bakal mendukung program Bobby asal ditujukan untuk kepentingan warga Medan. Dia mengatakan Demokrat bakal menjadi partai penyeimbang di DPRD Medan.

"Kalau buat saya sebagai Ketua Fraksi Demokrat DPRD Medan, sebagaimana posisi partai kita di pemerintahan itu, kita penyeimbang. Artinya apa, sepanjang itu yang dikerjakan Mas Bobby untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan Kota Medan ke depan, ya pada dasarnya kita mendukung," ujar Burhanuddin.

Sebelumnya, Bobby Nasution mulai beraksi untuk membuat kawasan Kesawan, Medan, menjadi tempat wisata. Langkah awalnya adalah merobohkan bangunan ilegal di kawasan itu.

Bobby, yang memimpin penertiban itu, mengatakan bangunan yang ditertibkan adalah bangunan tanpa izin. Dia mengatakan bangunan di kawasan tersebut tak boleh diubah bentuknya.

"Ini kan kawasan yang tidak boleh diubah bentuk bangunannya, terus di luarnya juga kan diubah semua, di kanan-kirinya itu nggak ada yang seperti ini bentuknya. Tidak perbolehkan dan izinnya nggak ada, IMB-nya nggak ada," kata Bobby Nasution di lokasi penertiban.

Bobby menyebutkan pihaknya sudah memperingatkan pemilik gedung. Namun pihak pemilik masih melakukan pengerjaan pembangunan gedung tersebut.

Setelah itu Bobby melanjutkan aksinya dengan sidak ke RSUD Pirngadi, Medan. Bobby menemukan sejumlah fasilitas tak layak di rumah sakit tersebut. Saat sidak, Bobby menemukan eskalator mati hingga sampah berserakan di rumah sakit.

"Fasilitas juga masih banyak yang tidak berfungsi dan tidak layak. Eskalator mati, ada pintu kaca yang pecah. Kebersihan juga masih belum maksimal, masih banyak sampah berserakan," kata Bobby Nasution. (haf/haf)