Polisi Ungkap Kiprah 99 Kampung Tangguh di Tangsel, 1 Bulan Jadi Zona Hijau

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 13:15 WIB
Rumah isolasi mandiri di Kampung Tangguh Jaya di Tangsel. Foto dikirim Kasat Lantas Tangsel AKP Bayu
Rumah isolasi mandiri di Kampung Tangguh Jaya di Tangsel. (dok.istimewa)
Jakarta -

Program Kampung Tangguh Jaya yang digagas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mulai menorehkan hasil. Seperti salah satunya, keberadaan Kampung Tangguh Jaya di wilayah Tangerang Selatan yang kini masuk zona hijau.

Ada 99 Kampung Tangguh Jaya di wilayah Tangerang Selatan. Pergerakan penurunan angka COVID-19 di 99 titik Kampung Tangguh Jaya dari zona merah kini jadi zona hijau.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin mengatakan, pada 9 Februari 2021 lalu masih terdapat 17 titik zona merah dan 18 titik zona orange di Tangsel. Dalam kurun waktu satu bulan, angka tersebut berubah berkat adanya Kampung Tangguh Jaya.

"Selama hampir satu bulan, didapati hasil menurunnya angka aktif penularan virus Covid-19 serta berubahnya zonasi wilayah dari merah menjadi kuning hingga hijau," ujar Iman dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Iman menyampaikan, peranan Kampung Tangguh Jaya cukup krusial dan signifikan dalam mencegah penyebaran COVID-19. Meski begitu, kata Iman, penurunan jumlah kasus COVID-19 juga tidak terlepas dari partisipasi yang baik dari masyarakat.

"Penurunan jumlah kasus COVID-19 tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat dengan kepolisian, maupun Pemerintahan Kota Tangerang Selatan," ucapnya.

Adapun perubahan data titik zonasi penyebaran COVID-19 di Kota Tangsel sebagai berikut:

Per-tanggal 9 Februari 2021:

Zona merah : 17 Titik
Zona Orange : 18 Titik
Zona Kuning : 330 Titik
Zona Hijau : 3.508 Titik

Per-tanggal 2 Maret 2021:


Zona Merah : 0 Titik
Zona Orange : 0 Titik
Zona Kuning : 56 Titik
Zona Hijau : 3.817 Titik.

(mea/fjp)