Sertijab 4 Kapolda, Paulus Waterpauw Resmi Sandang Pangkat Komjen

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 12:30 WIB
Pimpinan KKB Papua Hengky Wanmang Tewas Tertembak Tim Gabungan TNI-Polri
Foto: Paulus Waterpauw saat menjabat sebagai Kapolda Papua (dok.istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) empat kapolda hari ini. Sigit juga memimpin upacara kenaikan pangkat Paulus Waterpauw, dari inspektur jenderal (irjen) ke komisaris jenderal (komjen).

"Pada hari ini Kapolri memimpin serah terima jabatan beberapa pejabat di lingkungan Polri, dan sekaligus juga menerima laporan kenaikan pangkat beberapa perwira tinggi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

Upacara sertijab dan kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/318/II/KEP./2021 tertanggal Kamis (18/2/). Surat ini ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

"Hari ini telah dilaksanakan serah terima jabatan yaitu pertama Koordinator Staf Ahli Kapolri dari Bapak Irjen Nana Sudjana kepada Irjen Martuani Sormin," tambahnya.

Adapun para kapolda yang dilantik antara lain Kapolda Sumatera Utara dari Irjen Martuani Sormin ke Irjen Panca Putra; Kapolda Sulawesi Utara dari Irjen Panca Putra ke Irjen Nana Sudjana; Kapolda Lampung dari Irjen Purwadi Iryanto ke Irjen Hendro Sugiatno, serta Kapolda Papua dari Komjen Paulus Waterpauw ke Irjen Matius Fakiri.

"Dan sekali lagi bapak Kapolri menerima kenaikan pangkat beberapa perwira tinggi Polri. Pertama kenaikan pangkat dari Irjen menjadi Komjen dari bintang dua menjadi bintang tiga. Yaitu Komjen Paulus Waterpauw," tutur Rusdi.

Rusdi mengungkap ada 4 perwira tinggi (pati) lain yang pangkatnya dinaikkan. Sebanyak 4 pati naik pangkatnya dari Brigjen menjadi Irjen atau bintang satu menjadi bintang dua.

"Kemudian ada 7 personel Polri yang naik pangkat dari pamen menjadi pati. Dari Komisaris Besar Polisi menjadi Brigadir Jenderal Polisi," tandasnya.

Simak video 'Kapolda Jelaskan Kompleksitas Kehadiran KKB di Tanah Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)