BPH Migas Apresiasi Komitmen ASDP Merak untuk Terapkan IT Nozzle

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 19:11 WIB
BPH Migas
Foto: Dok. BPH Migas
Jakarta -

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa beserta tim melakukan kunjungan ke ASDP Merak. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengawasan dan pendistribusian BBM, serta penerapan program IT Nozzle pada dermaga di Pelabuhan Merak.

Ifan, sapaan akrab Kepala BPH Migas, mengapresiasi atas terpasangnya IT Nozzle pada dermaga tersebut. Ia menjelaskan program tersebut juga akan diterapkan di PT Pelni Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi PT ASDP Merak untuk keseriusannya terhadap melaksanakan program IT Nozzle dengan pesat," ujar Ifan dalam keterangan tertulis, Rabu (3/3/2021).

Dalam kunjungan yang berlangsung pada Selasa (2/3) itu, Ifan didampingi oleh General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Hasan Lessy beserta jajarannya. Di sela perbincangannya, Ifan juga membahas program serta progres Digitalisasi Nozzle pengisian kapal yang ada di 7 dermaga di Merak. Berdasarkan data dari 7 dermaga, Ifan mengungkap digitalisasi IT Nozzle telah diterapkan pada 2 dermaga (dermaga 1 dan dermaga 3).

Sekadar diketahui, pada Desember 2020 Ifan telah melakukan sidak terhadap ASDP Merak. Pada sidak tersebut didapatkan 5 dermaga masih manual dalam pengisian BBM ke kapal-kapal. Oleh karena itu, ia meminta PT ASDP untuk segera melaksanakan IT Nozzle pada semua dermaga, sebagaimana komitmen Dirut ASDP.

Untuk itu, pada kunjungan kali ini Ifan menanyakan kembali progres Digitalisasi Nozzle pada 5 dermaga. Ia pun mendapatkan jawaban langsung dari GM PT ASDP Cabang Merak, serta dapat meninjau langsung terpasangnya perangkat dan sistem untuk IT Nozzle.

Ia berharap dengan terpasangnya IT Nozzle di ASDP Merak, program serupa dapat diikuti dan menjadi contoh bagi semua perusahaan perusahaan transportasi air/laut untuk turut melaksanakan IT Nozzle ini.

(akn/ega)