Sekjen Kemensos Ungkap Ada Uang dari Vendor Bansos Corona untuk Juliari

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 18:42 WIB
Sidang Kasus Bansos Corona
Sidang kasus dugaan suap bansos Corona. (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Sekjen Kementerian Sosial (Kemensos), Hartono, mengungkap ada pemberian uang dari pengusaha vendor bansos Corona. Hartono mengatakan uang itu digunakan untuk operasional mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Awalnya, jaksa KPK M Nur Azis bertanya ke Hartono terkait pemberian fee di lingkungan program bansos Corona. Hartono mengakui kalau itu ada dan mengetahui itu dari KPA Banos yang ditunjuk Juliari bernama Adi Wahyono, diketahui Adi Wahyono juga tersangka dalam kasus ini.

"Bahwa untuk kegiatan kaitannya dengan penyedia barang itu bahwa Pak Adi wahyono yang ditunjuk KPA (kuasa pengguna anggaran) menyatakan ke kami, bahwa ada beberapa vendor yang kemudian, (Adi) mendapatkan untuk operasional. Saya tidak ada kaitannya dengan ini," kata Hartono saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (3/3/2021).

Hartono mengaku saat itu sempat mengingatkan Adi agar berhati-berhati. Sebab, Adi menerima uang operasional dari perusahaan vendor bansos Corona.

"Yang minta siapa Pak berapa jumlahnya?" tanya jaksa KPK Azis.

"Tidak. Cuma sampaikan itu tadi, berkaitan dengan perusahaan yang kemudian dia (Adi) menerima untuk operasional," jawab Hartono.

Jaksa lantas mencecar Hartono, siapa yang memerintahkan Adi menerima uang operasional itu. Menurut Hartono, saat itu Adi menyampaikan uang itu untuk operasional Juliari P Batubara yang saat itu menjabat sebagai Mensos.

"Saya dengar dari Adi sendiri. (Atas perintah?) Yang saya tahu Saudara Adi sampaikan langsung, dan itu untuk operasional dari kegiatan-kegiatan Kemensos," kata Hartono.

"Saudara nggak nanya diperintah siapa?" tanya jaksa KPK lagi.

"Saya tanya, (jawabannya) awalnya dia menyampaikan untuk operasional Menteri," ujar Hartono.

Hartono mengaku tidak tahu berapa besaran duit yang diterima Adi. Dia juga mengaku tidak menerima apa pun terkait operasional bansos itu.

Tonton Video: Komisaris PT RPI Kembali Diperiksa KPK Terkait Kasus Bansos Corona

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2