Bamsoet Ajak Pemerintah Susun Aturan Legalitas Kendaraan Modifikasi

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 18:08 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengajak pemerintah bersama IMI menyusun peraturan legalitas kendaraan modifikasi, baik untuk kendaraan motor maupun mobil.

Dalam rapat perdana pengurus IMI Pusat Bidang Mobilitas pada Selasa (2/3) Bamsoet menyampaikan harapannya agar peraturan tersebut dapat membantu para modifikator memiliki acuan yang jelas. Terutama dalam memodifikasi kendaraannya agar legal digunakan di jalan raya.

"Termasuk juga legalitas untuk kendaraan balap yang diimpor dari luar negeri yang selama ini masih terdapat berbagai hambatan. Seperti mobil balap dengan posisi setir di sebelah kiri yang tak boleh masuk ke Indonesia, padahal mobil balap yang dipakai untuk kejuaraan internasional menggunakan setir sebelah kiri," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (3/3/2021).

Bamsoet menilai adanya legalitas terhadap hasil modifikasi otomotif akan semakin menggairahkan industri modifikasi otomotif yang saat ini sedang digandrungi di Indonesia. Untuk itu, lanjutnya, IMI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana akan membuat Pusat Industri Modifikasi Otomotif. Bamsoet mengungkap pihaknya akan melibatkan banyak pelaku usaha UMKM di Jawa Barat dan daerah lainnya.

"Selain memajukan modifikasi otomotif, IMI Mobilitas juga akan berperan aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia. Salah satunya dengan menyelenggarakan touring monumental melewati berbagai destinasi pariwisata Indonesia. Antara lain Likupang di Minahasa Utara, Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di NTB, dan Labuan Bajo di NTT," jelas Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, IMI Mobilitas melalui Komisi Sosial akan memasifkan keberadaan IMI Rescue. Bekerja sama dengan BNPB, BASARNAS, Kementerian Sosial, hingga TNI dan Polri untuk membantu penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai daerah.

"Sementara untuk Komisi Kendaraan Listrik, dalam waktu dekat ini IMI akan menyelenggarakan Fun Road Race, lomba balap motor dan mobil listrik. Untuk melihat sejauh mana ketangguhan kendaraan listrik di lintasan balap, serta mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik sebagai pilihan transportasi utama masyarakat," pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, rapat ini dihadiri pula oleh pengurus IMI Pusat Bidang Mobilitas, antara lain Wakil Ketua Umum IMI Pusat Mobilitas Rifat Sungkar, Direktur Sosial dan Lingkungan Hidup Darma Mangkuluhur, Komisi Kendaraan Listrik Panji Trihatmodjo, Komisi Modifikasi Wiewie Rianto, Komisi Sosial Dwi Aroem Hadiatie, Komisi Lingkungan Ratu Dian, dan Direktur Keselamatan Berkendara Zaid Sugianto.

Simak juga Video: Densus 88 Menangkap 22 Terduga Teroris di Jatim

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)